Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi belajar dan kualitas pembelajaran di kelas. Subyek penelitian tindakan kelas yaitu peserta didik kelas VIII D SMPN 10 Kota Bengkulu sejumlah 29 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, yaitu pada bulan Mei. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pre test, nilai rata – rata hasil belajar peserta didik 51,20% dengan kategori sangat rendah 10,35%, 44,80% rendah, sedang 20,70%, tinggi 24,15% dan sangat tinggi pada persentase 0,00%. Hasil persentase ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peserta didik dalam memahami serta penguasaan pelajaran penjas materi pencegahan pergaulan bebas sebelum diterapkan metode index card match rendah. Nilai rata-rata hasil post test adalah 76,72% maka hasil belajar penjas materi pencegahan pergaulan bebas setelah diterapkan metode pembelajaran index card match mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibanding sebelum penerapan metode index card match. Persentase hasil belajar penjas materi pencegahan pergaulan bebas peserta didik meningkat yakni sangat tinggi 17,25%, tinggi 79,30%, sedang 3,45%, rendah 0,00% dan sangat rendah 0,00%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode index card match terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran penjas materi pencegahan pergaulan bebas. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif yang diperoleh serta hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran index card match berpengaruh terhadap hasil belajar penjas materi pencegahan pergaulan bebas pada peserta didik kelas VIII D SMPN 10 Kota bengkulu.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Ahmad, Zainal Arifin. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
- Amri dan Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
- Annurahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.
- Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara
- Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Djamarah dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Hamalik, Oemar 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Rusman.(2012).Model-model Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
- Sanjaya,Wina.(2016).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia.
- Sardiman.(2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
- Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Yatim, Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Referensi
Ahmad, Zainal Arifin. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Amri dan Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Annurahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman.(2012).Model-model Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya,Wina.(2016).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia.
Sardiman.(2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Yatim, Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.