Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA serta aktivitas siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 59,2% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 14,5 dikategorikan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 81,4% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 19 dikategorikan aktif.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Maulidiya, Nida Savira. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta didik ditinjau dari Self Confidence: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
- Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
- Widoyoko, Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar: Yogyakarta
- Sani, Ridwan Abdulah, 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara
- Rusmono, 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalsisme Guru. Bogor : Ghalia ndonesia
- Susanto, 2015. Meningkatkan Kemapuan Kreativitas Berpikir dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Kewirausahaan Prosiding Seminar Nasional. UNNES: Surabaya.
- Paria, La Ade. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA negeri 3 Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanudin.
- Nurwahidah. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SDN Lembaya Kecamatan Tompobolu Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiayah Makassar: Makassar
References
Aqib, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Maulidiya, Nida Savira. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta didik ditinjau dari Self Confidence: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Widoyoko, Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar: Yogyakarta
Sani, Ridwan Abdulah, 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara
Rusmono, 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalsisme Guru. Bogor : Ghalia ndonesia
Susanto, 2015. Meningkatkan Kemapuan Kreativitas Berpikir dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Kewirausahaan Prosiding Seminar Nasional. UNNES: Surabaya.
Paria, La Ade. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA negeri 3 Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanudin.
Nurwahidah. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SDN Lembaya Kecamatan Tompobolu Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiayah Makassar: Makassar