Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan manajemen pembelajaran dengan menciptkan suasana belajar menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik . Subjek pada penelitian ini peserta didik kelas 5 A di SDN 20 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan oleh peneliti sendiri di bantu dengan guru kelas 5 A dan berkolaborasi dengan teman sejawat. Selama penelitian berlangsung dengan perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi di lakukan secara terstruktur serta mempunyai catatan khusus yang diharapkan membantu proses penelitian yang di lakukan dalam siklus pelaksaan pembelajaran. Terlihat bahwa peserta didik antusias dalam mengkuti pembelajaran setelah di terapkannya sesuai dengan skenario yang telah dibuat. Hasil dari penelitian yang telah di lakukan di kelas 5A SDN 20 Kota Bengkulu diperoleh data dalam memanajemen pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar menyenagkan seorang guru perlu dalam memahami masalah yang dihadapi peserta didik hal yang paling utama yaitu pada tingkah laku yang dilakukan peserta didik selama proses pembelajaran. Pada proses memanajemen kelas untuk menciptakan suasana belajar yang menyenagkan tidak terlepas dari peranan seorang guru. Dalam memanajemen pembelajaran menciptakan suasana belajar yang menyenagkan di awali dengan perancangan yaitu penyiapkan skenario kegiatan pembelajaran, media dan alat evaluasi. Pelaksanaan pembalajaran sangat memerlukan keahlian seorang guru dalam proses pembelajaran yaitu dengan mengguanakan media dan metode yang tepat. Pada tahapan evaluasi pembelajaran yaitu menentukan keberhasilan terhadap pencapaian tujuan dalam pembelajaran yang di inginkan.
Kata Kunci : Manajemen, belajar menyenagkan, minat belajar.
ABSTRACT
This research aims at learning management by creating a pleasant learning atmosphere to increase students' interest in learning. The subjects in this research were 28 class 5 A students at SDN 20 Bengkulu City. This classroom action research was carried out by the researcher himself, assisted by the class 5 A teacher and in collaboration with colleagues. During the research, planning, action, observation, analysis and reflection are carried out in a structured manner and have special notes which are expected to help the research process carried out in the learning implementation cycle. It can be seen that students are enthusiastic in following the learning after implementing it according to the scenario that has been created. The results of research conducted in class 5A of SDN 20 Kota Bengkulu obtained data in managing learning by creating a pleasant learning atmosphere. A teacher needs to understand the problems faced by students, the most important thing is the behavior carried out by students during the learning process. The process of managing a class to create a pleasant learning atmosphere cannot be separated from the role of a teacher. In managing learning, creating a pleasant learning atmosphere begins with design, namely preparing learning activity scenarios, media and evaluation tools. Implementing learning really requires a teacher's expertise in the learning process, namely by using appropriate media and methods. At the learning evaluation stage, namely determining the success of achieving the desired learning objectives.
Keywords: Management, fun learning, interest in learning.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Zelda Akhirmaini, Gumono Gumono, Rumini Rumini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Dini, J. P. A. U. (2021). Manajemen pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di masa new normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566-1576.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69-84.
Farida, H., Mubarokah, A. I., Rachmawati, K., Tiara, R. B., & Maranatha, J. R. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 39-50.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.
Harmanto, B. (2015). Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim, 1(2), 277-294.
Nurhamidah, N., & Suryana, D. (2022). Analisis Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Di Paud. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 19-23.
Pujaningtyas, S. W., Kartakusumah, B., & Lathifah, Z. K. (2019). Penerapan Model Experiential Learning Pada Sekolah Alam untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Tadbir Muwahhid, 3(1), 40-52.
Purnamasari, D., Purwanto, P., & Supriyanto, S. (2022). Manajemen Pembelajaran Pada Generasi Millenial Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Fikrah: Journal of Islamic Education, 6(1), 84-93.
Widodo, W. (2017). Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 14(2), 22-37.
References
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69-84.
Farida, H., Mubarokah, A. I., Rachmawati, K., Tiara, R. B., & Maranatha, J. R. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Paris Langkis, 3(1), 39-50.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.
Harmanto, B. (2015). Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim, 1(2), 277-294.
Nurhamidah, N., & Suryana, D. (2022). Analisis Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Di Paud. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 19-23.
Pujaningtyas, S. W., Kartakusumah, B., & Lathifah, Z. K. (2019). Penerapan Model Experiential Learning Pada Sekolah Alam untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Tadbir Muwahhid, 3(1), 40-52.
Purnamasari, D., Purwanto, P., & Supriyanto, S. (2022). Manajemen Pembelajaran Pada Generasi Millenial Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Fikrah: Journal of Islamic Education, 6(1), 84-93.
Widodo, W. (2017). Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 14(2), 22-37.