Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran Wordwall pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 04 Kota Bengkulu. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus kegiatan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar angket minat belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar peserta didik pada setiap siklusnya yaitu mulai dari kegiatan pra siklus 61%, kemudian pada siklus 1 sebanyak 73%, dan di akhiri dengan siklus 2 yang menunjukkan presentasenya yaitu 86%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian di setiap siklus yaitu adanya peningkatan minat belajar yang tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran Wordwall.


 


Kata Kunci : Problem Based Learning, Minat Belajar Peserta Didik, Wordwall


 


ABSTRACT


 


This research aims to increase students' interest in learning through a Problem Based Learning learning model assisted by Wordwall learning media in Mathematics Subject in Grade IV SDN 04 Bengkulu City. The subject of the study was a grade IV student of SD Negeri 04 Bengkulu City. This research is a Class Action Research (PTK) which consists of two cycles of activities. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The assessment instruments used are observation sheets and questionnaires on students' learning interests. The results of the study showed that there was an increase in students' interest in learning in each cycle, starting from pre-cycle activities 61%, then in cycle 1 as much as 73%, and ending with cycle 2 which showed a percentage of 86%. The conclusion obtained from the research in each cycle is that there is an increase in high interest in learning by using the Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by Wordwall learning media.


 


 


Keywords: Problem Based Learning, Students' Learning Interests, Wordwall

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Septiana, E., & Susanta, A. (2025). PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA SDN 04 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 24(1), 19–28. https://doi.org/10.33369/triadik.v24i1.37084

Referensi

    Amrona, Y. L., Nurhuda, A., Assajad, A., Putri, A. A., & Anastasia, A. (2023). Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(3), 93–103. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i3.124
    Ariny, L. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 4 Binjai. In Universitas Negeri Medan (Vol. 1).
    Elisa Priscillia, Z., & Mufidah, E. (2023). Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah. Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 61–69.
    Ghozal, S. A., & Irawan, L. Y. (2024). Wordwall Sebagai Media Interaktif Dan Menarik. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Iinovatif Iilmu-Ilmu Sosial, 4(4). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i4.2024.4
    Izzah, L., Halim, R., & Yuliani. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Lingkungan Kelas X-1 Sman 21 Surabaya. 31–36.
    Madyaratri, Y. D., Wardono, & Kartono. (2022). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 48–54. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
    Marwa, M., Munirah, M., Angriani, A. D., Suharti, S., Sriyanti, A., & Rosdiana, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020
    Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475
    Novi, N. S., Sukamto, & Huda, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1279–1287. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2233
    Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
    Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id
    Richardo, E. Y., & Kholifah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Dan Minat Belajar Melalui Game Edukasi Wordwall. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 161. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i2.5178
    Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969
    Siregar, A. M., Sembiring, M. br, & Pradesa, D. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Medan. Education Journal : Journal Education Research and Development, 458–465. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1955
    Sunarti, S., Sukimin, S., & Dewi, N. R. (2024). Pendekatan TaRL Berbantuan Game Edukatif Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX C SMPN 41 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 1535–1544.
    Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.
    Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045