Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik di Kelas, khususnya pada kelas IV B SDN 82 Kota Bengkulu. Pembelajaran yang hanya berfokus pada buku teks dan tidak disesuaikan dengan kondisi peserta didik, dapat menyebabkan partisipasi dan motivasi belajar yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan usaha dari guru untuk membuat pembelajaran lebih menarik, salah satunya dengan menerapkan media canva dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV B SDN 82 Kota Bengkulu berjumlah 26 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV B SDN 82 Kota Bengkulu, melalui penggunaan media canva.


Kata kunci: Proses Pembelajaran, Motivasi, Media Canva


ABSTRACT


This research was motivated by the lack of learning motivation of students in class, especially in class IV B at SDN 82 Bengkulu City. Learning that only focuses on textbooks and is not adapted to students' conditions can lead to low learning participation and motivation. Therefore, efforts are needed from teachers to make learning more interesting, one of which is by applying Canva media in learning. The research subjects were 26 class IV B students at SDN 82 Bengkulu City. The type of research carried out is Classroom Action Research (PTK). This research was carried out in 2 (two) cycles. This research aims to increase the science and science learning motivation of class IV B students at SDN 82 Bengkulu City, through the use of Canva media.


Keywords: Learning Process, Motivation, Canva Media

Keywords

Proses Pembelajaran Motivasi Media Canva

Article Details

How to Cite
Junesta, L., Herlena, N., & Anggraini, D. (2025). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IVB SDN 82 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 24(1), 41–48. https://doi.org/10.33369/triadik.v24i1.37114

References

    Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. Diffraction, 3(2), 56–61. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145
    Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
    Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2, 2(November), 347–352.
    Nur Laillni Roma, Irmawati Thahir, & Akram. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–186. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.301
    Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
    Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
    Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
    Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90