Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 5 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi rendahnya partisipasi dan keaktifan siswa adalah kurangnya motivasi internal, metode pengajaran yang kurang menarik, serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran. Selain itu, peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif juga berpengaruh signifikan terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan temuan ini, peneliti merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif serta peningkatan fasilitas pendidikan untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa di SMP Negeri 5 Bengkulu Tengah.
Kata Kunci : Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Lingkungan Belajar
ABSTRACT
This research aims to analyze the causes of the lack of student participation and activeness in learning activities at SMP Negeri 5 Central Bengkulu. The method used in this research is a qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and questionnaires. The research results show that the main factors influencing low student participation and activity are a lack of internal motivation, unattractive teaching methods, and limited learning facilities and infrastructure. Apart from that, the teacher's role in creating a conducive learning environment also has a significant influence on student activity. Based on these findings, researchers recommend developing more innovative and interactive learning strategies as well as improving educational facilities to increase student participation and activeness at SMP Negeri 5 Central Bengkulu.
Keywords: Learning, Student Activeness, Learning Environment
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: AnIntroduction to Theories and Methods
- Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Deta Alvia Sari. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keaktifan Belajar IPA Siswa di Kelas III SD Negeri 58 Kaur. Repositori IAIN Bengkulu.
- Sudarma, K., & Sakdiyah, E. M. (2007). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2(2).
References
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: AnIntroduction to Theories and Methods
Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Deta Alvia Sari. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keaktifan Belajar IPA Siswa di Kelas III SD Negeri 58 Kaur. Repositori IAIN Bengkulu.
Sudarma, K., & Sakdiyah, E. M. (2007). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2(2).