Main Article Content
Abstract
Permendikbud nomor 111 tahun 2014 menjadi acuan bimbingan dan konseling dalam manajemen pelaksanaannya di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan jadwal 1 jam pelajaran/kelas setiap minggu pada layanan bimbingan klasikal di SMAN 02 Kota Bengkulu. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi yang dimana pengumpulan data dari sumber primer (Permendikbud nomor 111 tahun 2014) dan sekunder (Observasi dan Wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakefektifan kegiatan layanan bimbingan klasikal di SMAN 02 Kota Bengkulu dengan menetapkan jadwal layanan bimbingan dan konseling dengan alokasi waktu 1 jam pelajaran setiap kelas/minggu dan juga ketidaksesuaian dengan ketentuan permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mengenai ketentuan alokasi waktu layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan.
Kata Kunci: analisis, bimbingan klasikal, permendikbud
ABSTRACT
Regulation of the Minister of Education and Culture Number 111 of 2014 serves as a reference for guidance and counseling in its implementation management in educational units. This research aims to determine the effectiveness of implementing a schedule of 1 lesson hour/class every week in classical guidance services at SMAN 02 Bengkulu city. This research uses a qualitative approach with an ethnographic method, where data is collected from primary sources (Regulation of the Minister of Education and Culture Number 111 of 2014) and secondary sources (Observation and Interviews). The results of this study indicate the ineffectiveness of classical guidance service activities at SMAN 02 Kota Bengkulu by setting a guidance and counseling service schedule with an allocation of 1 lesson hour per class/week and also non-compliance with the provisions of the Regulation of the Minister of Education and Culture Number 111 of 2014 concerning Guidance and Counseling in Basic and Secondary Education regarding the allocation of time for guidance and counseling services in educational units.
Keywords: Analysis, Classical Guidance, Ministerial Regulation
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014 No. 111, Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
- Edris, Z., & Susilo, R. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus, Vol. 1 No. 1, 8.
- Rifqi, M., & Patriana. (2021). Analisis Implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiudin Sambas, Vol. 7 No. 1, 54.
- Liputan 6. (19/09/2023). Silvia, E.S. 4 Contoh Penelitian Kualitatif untuk Mahasiswa, Lengkap dengan Tujuan dan Metode (web publications). Retrieved 27 July, 2024, from https://www.liputan6.com/hot/read/5401131/4-contoh-penelitian-kualitatif-untuk-mahasiswa-lengkap-dengan-tujuan-dan-metode?page=2
References
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014 No. 111, Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Edris, Z., & Susilo, R. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus, Vol. 1 No. 1, 8.
Rifqi, M., & Patriana. (2021). Analisis Implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiudin Sambas, Vol. 7 No. 1, 54.
Liputan 6. (19/09/2023). Silvia, E.S. 4 Contoh Penelitian Kualitatif untuk Mahasiswa, Lengkap dengan Tujuan dan Metode (web publications). Retrieved 27 July, 2024, from https://www.liputan6.com/hot/read/5401131/4-contoh-penelitian-kualitatif-untuk-mahasiswa-lengkap-dengan-tujuan-dan-metode?page=2