Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pendekatan Behavior teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan nilai kedisiplinan salah satu peserta didik kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu dengan pendekatan Behavior teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan nilai disiplin peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu dengan dengan pendekatan Behavior teknik kontrak perilaku dilakukan melalui beberapa tahap. Dengan adanya teknik kontrak perilaku ini membantu peserta didik membuat perencanaan dalam mengambil keputusan yang tepat sehingga memberikan dampak positif bagi peserta didik yang nantinya dapat mengubah perilaku menyimpang. Nilai kedisiplinan sebagai suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban.


 


Kata Kunci : layanan konseling individu, pendekatan behavior, teknik kontrak perilaku, nilai kedisiplinan


 


ABSTRACT


This study examines the application of the Behavior approach of the behavioral contract technique to increase the discipline value of one of the students of class XI TKJ at SMK Negeri 3 Bengkulu city. The purpose of this study is to find out how to implement individual counseling services with the Behavior approach of behavioral contract techniques in increasing the discipline value of students. This study uses descriptive qualitative research with a case study research design. The results of the study show that the implementation of individual counseling services with the Behavior approach of the behavioral contract technique is carried out through several stages. The existence of this behavioral contract technique helps students make plans in making the right decisions so that it has a positive impact on students who can later change deviant behavior. The value of discipline as a condition that is created and formed through the process of a series of behaviors that show the values of obedience, obedience, loyalty, order and/or order.


 


keywords: individual counseling services, behavior approach, behavioral contract techniques, discipline values

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Elviona, R., Saparahayuningsih, S., & Tristianty, S. (2024). PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK KONTRAK PERILAKU DALAM MENINGKATKAN NILAI KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK SMKN 3 BENGKULU. TRIADIK, 23(2), 196–205. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i2.40158

Referensi

  1. Monica, M. A., Erlina, N., & Rahmaniar, P. R. (2022). Penerapan Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 49-54.
  2. Lustick, H. (2021). “Restorative justice” or restoring order? Restorative school discipline practices in urban public schools. Urban Education, 56(8), 1269–1296.
  3. Prayitno, Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling (Jakarta, Rineka Cipta, 1994) hal : 105
  4. Rohmana, Della Wakhosyiyah., Mutakin, Fakhruddin., & Ernawati, Siti. (2023). Upaya Meningkatkan Displin Belajar Siswa Dengan Konseling Individu Behavior Contract Jember: Jurnal Consulenza.
  5. Utomo, S. B. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game Online. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1).
  6. Yulianingtias, R., & Usman, O. (2021). The Effect Of Reading Interest, Learning Discipline, And Learning Motivation On Student Learning Outcomes. And Learning Motivation On Student Learning Outcomes (December 30, 2021).