Isi Artikel Utama

Abstrak

Industri produk olahan pangan peternakan termasuk produk sosis yang ditandai dengan persaingan merek yang semakin ketat sehingga loyalitas konsumen merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh Kesadaran Merek terhadap Kualitas Produk yang Dirasakan. (2) Menganalisis pengaruh Kesadaran Merek terhadap Niat Beli Ulang. (3) Menganalisis pengaruh Kualitas Produk yang Dirasakan terhadap Niat Beli Ulang. Penelitian ini dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling berdasarkan kriteria bahwa, (1) responden berusia minimal 17 tahun; (2) responden pernah melakukan pembelian atau mengonsumsi sosis dalam tiga bulan terakhir. Jumlah responden dalam penelitian adalah 160 dan pengumpulan data dilakukan secara online. Analisis data dilakukan menggunakan structural equation modeling dengan perangkat lunak Partial Least Square. Hasil menunjukkan bahwa Kesadaran Merek berpengaruh pada Kualitas Produk yang Dirasakan (β = 0,759 ; p < 0,05) namun tidak berpengaruh secara langsung pada Niat Beli Ulang (β = -0,062 ; p > 0,05). Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa Kualitas Produk yang Dirasakan berpengaruh pada Niat Beli Ulang (β = 0,777; p < 0,05).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rista Bella Anggraini, & Suci Paramitasari Syahlani. (2025). PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT BELI ULANG PANGAN OLAHAN PETERNAKAN. Management Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 20(1). Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/29950