Main Article Content

Abstract

Penelitian ini akan difokuskan pada teori pembentukan kreativitas pada individu pengelola desa wisata dengan menggunakan kerangka kerja 4P (person, press, process, product) yang dikemukakan oleh Dimov (2007). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari 3 sumber yaitu pengelola dan pemrakarsa pengembangan desa wisata. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Pemilihan populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Pengukuran penelitian dalam wawancara ini terdiri dari 5 pertanyaan kepada narasumber. Tahapan analisis dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aspek Personal individu berpengaruh positif terhadap pembentukan kreativitas dalam pengembangan desa wisata (2) Aspek Accepted Pressure individu berpengaruh positif terhadap pembentukan kreativitas dalam pengembangan desa wisata (3) Aspek Proses yang dilalui individu berpengaruh positif terhadap pembentukan kreativitas dalam pengembangan desa wisata (4) Aspek Produk individu merupakan hasil dari tahapan pembentukan kreativitas yang dapat berupa barang atau jasa.

Article Details

How to Cite
Auri, T. A. A., & M.Yasser Iqbal Daulay. (2025). STUDI EKSPLORASI PELUANG PENGEMBANGAN DESA WISATA MENGGUNAKAN PERSPEKTIF KREATIVITAS. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 20(1). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/40813