Isi Artikel Utama
Abstrak
The purpose of this study is to measure the bullwhip effect in supply chain MAS 240 ml in PT. Sembilan Pilar Utama and Swalayan Koya. This research measure method is using bullwhip effect method that presented by Fransoo and Wouters (2000). The results of research, we know that the bullwhip effect happened because of the coefficient of variation orders higher than the coefficient of variation in product
demand, inaccurate demand prediction, and order batching. The solution that may be effective to reduce the bullwhip effect that occurs is more concerned with the pattern of order and the product demand.
Keywords: supply chain management, bullwhip effect.
Rincian Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).