Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu bentuk penyebaran informasi yang sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran adalah word of mouth (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut. Word of mouth adalah proses dimana konsumen berbagi pengalaman mereka tentang suatu produk atau layanan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhadap minat beli sepeda motor Honda pada PT.Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli. Word of mouth yang efektif dapat meningkatkan daya Tarik konsumen dan mempengaruhi minat beli mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan SPSS untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya.sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu konsumen dan pelanggan tetap di PT.Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh word of mouth terhadap minat beli sepeda motor Honda pada PT. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli yaitu dimana uji variabel X dan Y dinyatakan valid oleh karena itu hasil Untuk veriabel X ditemukan nilai Pearson Correlation(rhitung) lebih besar dari rtabel (0,195). Dan dinyatakan valid dan Untuk variabel Y ditemukan nilai Pearson Correlation(rhitung) lebih besar dari rtabel (0,195) dan dinyatakan valid. Selain itu, besar pengaruh word of mouth terhadap minat beli sebesar 41,2% persen. Minat beli konsumen pada PT.Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli diperoleh rata-rata jawaban responden sebesar 10 dengan kriteria baik. Dengan demikian word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Artinya word of mouth berpengaruh terhadap minat beli sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Temuan ini menyarankan bahwa word of mouth yang efektif merupakan kunci untuk meningkatkan minat beli secara keseluruhan.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Murni Laoli , Yupiter Mendrofa, Idarni Harefa , Sophia Molindah Kakisina

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Anggitasari, S. R., Hurriyati, R., & Wibowo, L. A. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 6. https://doi.org/10.17509/jimb.v8i1.12655
- Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce tokopedia di kota manado the influence of brand image, promotion and service quality on consumer purchase decisions on tokopedia e-commerce in manado CITY. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
- Anjani, D. S., Sudati, ), Sarfiah, N., Fitrah, ), Islami, S., Pembangunan, E., & Ekonomi, F. (n.d.). Pengaruh tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi dan nilai ekspor terhada penyerapan tenaga kerja di indonesia tahun 1988-2020 the effect of inflation rate, economic growth and export value on labor absorption in indonesia, 1988-2020
- (BAB III Kerangka Konsep.Pdf, 2022; Dwihartanti et al., 2023; B. A. B. Iii, 2023; B. A. B. Iii et al., 2018; B. a B. Iii, 2008; Joesyiana, 2018; Mariam, 2023; Mayeli et al., 2015; N, 2018; Ramadhan, 2018; Robot et al., n.d.; Suwarsa, 2021; Wiratna Sujarweni (2022), 2022)
- Dwihartanti, Teoritis, A. K., & Kompetensi, P. (2023). Kajian Teoritis Dan Metodologi Penulisan. Dwihartanti, 2023, 5–33.
- Febrianti, L., & Bakti, U. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Digital Marketing, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Banana Foster. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI) E-ISSN, 2(2), 22–30.
- Hakiki, O. R., Robith Setiana, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Mubarokiyah, L. (2023). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada unit pelaksana teknis daerah pusat kesehatan masyarakat (uptd puskesmas) pagerageung kabupaten tasikmalaya. Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8).
- Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
- Kalele, B., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria FU Pada PT. Sinar Galesong Mandiri. Jurnal EMBA, 3(3), hlm. 451-462. file:///C:/Users/hp/Downloads/iogi2018,+10_Billiclinton+Kalele_MnPi+JT.pdf
- Kartika, D., Telaumbanua, S., Zebua, S., Mendrofa, Y., & Gea, N. E. (2024). Analisis Strategi Diskon Harga Dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Merk Honda di PT Kencana Mulia Abadi Kota Gunungsitoli. 3, 197–212.
- Kusumaningtyas, F. N. H., & Saputra, E. (2024). Pengaruh Pemasaran Word of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Coffee Shop Simalis. Jurnal Mekar, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.241
- Mariam, aan. (2023). pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan di PT. Multijaya Adyaraya Lampung Utara. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
- Mayeli, N. K., Salean, D. Y., Dhae, Y. K. I. I. D., Foenay, C., Fakultas, M., Dan, E., Univeristas, B., Cendana, N., Halal, L., Fakultas, M., Dan, E., Univeristas, B., Cendana, N., Program, M., Manajemen, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Nusa, U., Halal, L., & Beli, M. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LABEL PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS The Influence of product Quality and Halal Labels on Interest in Buying Hanasui Cosmetic Products in Management Students of The. 705–713.
- Putri, F. C., Brawijaya, U., Administrasi, F. I., Bisnis, J. A., & Pemasaran, K. M. (2016). " Jangan menunda kebaikan sekecil apapun.
- Rafikasari, E. F., & Fauzy, N. E. N. (2021). Pengaruh Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Produk “Le Minerale.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 266–284. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.266-284
- Ramadhan, R. (2018). bab III. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).
- Robot, R. S., Soegoto, A. S., Poluan, J. G., Robot, R. S., Soegoto, A. S., & Poluan, J. G. (n.d.). BEKAS DI STRAY STORE MANADO THE INFLUENCE OF LIVE STREAMING AND LIFESTYLE ON INTEREST IN BUYING USED Jurnal EMBA Vol . 12 , No . 4 Oktober 2024 , Hal . 324-3345. 12(4), 324–334.
- Sidik, M. H. S., Mahani, S. A. E., & Oktini, D. R. (2017). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli. Prosiding Manajemen, 6(3), 1146–1152.
- Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
- Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.
- Safitri, D., Sudirman, R., & Angin, S. A. B. P. (2024). Pengaruh Word of Mouth, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Seblang Di Kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2125–2146. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3946
- Syifa, E., & Amrullah, Y. A. (2022). Peran Inovasi Dan Keterampilan Terhadap Keberhasilan Bisnis Cendera Mata Lokal Umkm Di Kota Banjarbaru. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol.1, No.(6), 1035–1052. http://bajangjournal.com/index.php/JEMBA
- Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf.
Referensi
Anggitasari, S. R., Hurriyati, R., & Wibowo, L. A. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 6. https://doi.org/10.17509/jimb.v8i1.12655
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce tokopedia di kota manado the influence of brand image, promotion and service quality on consumer purchase decisions on tokopedia e-commerce in manado CITY. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Anjani, D. S., Sudati, ), Sarfiah, N., Fitrah, ), Islami, S., Pembangunan, E., & Ekonomi, F. (n.d.). Pengaruh tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi dan nilai ekspor terhada penyerapan tenaga kerja di indonesia tahun 1988-2020 the effect of inflation rate, economic growth and export value on labor absorption in indonesia, 1988-2020
(BAB III Kerangka Konsep.Pdf, 2022; Dwihartanti et al., 2023; B. A. B. Iii, 2023; B. A. B. Iii et al., 2018; B. a B. Iii, 2008; Joesyiana, 2018; Mariam, 2023; Mayeli et al., 2015; N, 2018; Ramadhan, 2018; Robot et al., n.d.; Suwarsa, 2021; Wiratna Sujarweni (2022), 2022)
Dwihartanti, Teoritis, A. K., & Kompetensi, P. (2023). Kajian Teoritis Dan Metodologi Penulisan. Dwihartanti, 2023, 5–33.
Febrianti, L., & Bakti, U. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Digital Marketing, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lampung Banana Foster. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI) E-ISSN, 2(2), 22–30.
Hakiki, O. R., Robith Setiana, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Mubarokiyah, L. (2023). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada unit pelaksana teknis daerah pusat kesehatan masyarakat (uptd puskesmas) pagerageung kabupaten tasikmalaya. Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8).
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Kalele, B., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria FU Pada PT. Sinar Galesong Mandiri. Jurnal EMBA, 3(3), hlm. 451-462. file:///C:/Users/hp/Downloads/iogi2018,+10_Billiclinton+Kalele_MnPi+JT.pdf
Kartika, D., Telaumbanua, S., Zebua, S., Mendrofa, Y., & Gea, N. E. (2024). Analisis Strategi Diskon Harga Dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Merk Honda di PT Kencana Mulia Abadi Kota Gunungsitoli. 3, 197–212.
Kusumaningtyas, F. N. H., & Saputra, E. (2024). Pengaruh Pemasaran Word of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Coffee Shop Simalis. Jurnal Mekar, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.241
Mariam, aan. (2023). pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan di PT. Multijaya Adyaraya Lampung Utara. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Mayeli, N. K., Salean, D. Y., Dhae, Y. K. I. I. D., Foenay, C., Fakultas, M., Dan, E., Univeristas, B., Cendana, N., Halal, L., Fakultas, M., Dan, E., Univeristas, B., Cendana, N., Program, M., Manajemen, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Nusa, U., Halal, L., & Beli, M. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LABEL PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS The Influence of product Quality and Halal Labels on Interest in Buying Hanasui Cosmetic Products in Management Students of The. 705–713.
Putri, F. C., Brawijaya, U., Administrasi, F. I., Bisnis, J. A., & Pemasaran, K. M. (2016). " Jangan menunda kebaikan sekecil apapun.
Rafikasari, E. F., & Fauzy, N. E. N. (2021). Pengaruh Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Produk “Le Minerale.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 266–284. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.266-284
Ramadhan, R. (2018). bab III. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).
Robot, R. S., Soegoto, A. S., Poluan, J. G., Robot, R. S., Soegoto, A. S., & Poluan, J. G. (n.d.). BEKAS DI STRAY STORE MANADO THE INFLUENCE OF LIVE STREAMING AND LIFESTYLE ON INTEREST IN BUYING USED Jurnal EMBA Vol . 12 , No . 4 Oktober 2024 , Hal . 324-3345. 12(4), 324–334.
Sidik, M. H. S., Mahani, S. A. E., & Oktini, D. R. (2017). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli. Prosiding Manajemen, 6(3), 1146–1152.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.
Safitri, D., Sudirman, R., & Angin, S. A. B. P. (2024). Pengaruh Word of Mouth, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Seblang Di Kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2125–2146. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3946
Syifa, E., & Amrullah, Y. A. (2022). Peran Inovasi Dan Keterampilan Terhadap Keberhasilan Bisnis Cendera Mata Lokal Umkm Di Kota Banjarbaru. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol.1, No.(6), 1035–1052. http://bajangjournal.com/index.php/JEMBA
Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf.