Main Article Content
Abstract
The use of e-Commerce in information technology is on the rise. One of the most widely used online marketplaces recently is platforms like Shopee, OLX, Lazada, and others that are commonly used. Their clientele includes members of the PKK (Family Empowerment and Welfare) organization, particularly housewives. Up to this point, PKK members have primarily acted as customers without fully understanding the economic potential.
Therefore, to enhance the understanding of the PKK group, it is essential to engage in Outreach activities in the form of learning and business training through online marketplaces. This activity is specifically aimed at assisting housewives in the Sawah Lebar Village of Bengkulu City in maximizing their customer base and actively participating in profit-generating business activities. Utilizing online buying and selling markets can increase sales and reduce expenses, as it eliminates the need for physical stores, advertising costs, or employee salaries. This is especially beneficial when sales are low, particularly among healthy housewives. Selling products without having to leave their daily household activities can significantly contribute to the welfare of their families.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 willi aslihasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- Dedi riswadi. (2019). Transaksi Online (E-Commerce) peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi islam. Nusa tenggara Barat: Universitas Nahdlatul Ulama.
- Diah Pranitasari, Ahmad Nurafif Sidqi. (2021). Analisis kepuasan pelanggan elektronik shopee menggunakan metode e-service quality dan kartesiu. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
- K., & Harsa, P. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.
- Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta Sulaksana.
- Saputra, Wahidin. (2011). Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
- Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151.
- Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
- Wahyuni, N., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).
References
Dedi riswadi. (2019). Transaksi Online (E-Commerce) peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi islam. Nusa tenggara Barat: Universitas Nahdlatul Ulama.
Diah Pranitasari, Ahmad Nurafif Sidqi. (2021). Analisis kepuasan pelanggan elektronik shopee menggunakan metode e-service quality dan kartesiu. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
K., & Harsa, P. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta Sulaksana.
Saputra, Wahidin. (2011). Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
Wahyuni, N., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).