Main Article Content
Abstract
Penggunaan e-Commerce dalam teknologi informasi semakin meningkat. Salah satu toko online yang paling banyak digunakan belakangan ini adalah marketplace seperti Shopee, OLX, Lazada dan lain-lain yang merupakan marketplace yang umum digunakan Kliennya termasuk ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Sampai sekarang Ibu-Ibu PKK hanya bertindak sebagai nasabah tanpa memahami potensi keuntungan yang layak secara ekonomi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemahaman kelompok PKK perlu dilakukan kegiatan Pengabdian dalam bentuk pembelajaran dan penyampaian pelatihan bisnis melalui marketplace. Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk membantu ibu-ibu PKK di Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu untuk memaksimalkan pasar pembeli agar dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas bisnis yang menghasilkan keuntungan finansial. Dengan menggunakan pasar jual beli online dapat meningkatkan penjualan dan meminimalkan pengeluaran karena tidak membutuhkan toko fisik, biaya iklan atau biaya untuk membayar karyawan. Terutama ketika Penjualan masih rendah, terutama di kalangan ibu PKK yang berbadan sehat. Berjualan tanpa harus meninggalkan aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dapat meningkatkan nilai kebermanfaatan untuk kesejahteraan keluarga.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 willi aslihasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Abdi Reksa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Abdi Reksa bersifat akademik. Jurnal Abdi Reksa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
-
Dedi riswadi. (2019). Transaksi Online (E-Commerce) peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi islam. Nusa tenggara Barat: Universitas Nahdlatul Ulama.
Diah Pranitasari, Ahmad Nurafif Sidqi. (2021). Analisis kepuasan pelanggan elektronik shopee menggunakan metode e-service quality dan kartesiu. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
K., & Harsa, P. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta Sulaksana.
Saputra, Wahidin. (2011). Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
Wahyuni, N., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).
References
Diah Pranitasari, Ahmad Nurafif Sidqi. (2021). Analisis kepuasan pelanggan elektronik shopee menggunakan metode e-service quality dan kartesiu. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
K., & Harsa, P. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “Pratistha Harsa” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta Sulaksana.
Saputra, Wahidin. (2011). Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
Wahyuni, N., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).