Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon siswa dan tingkat pemahaman siswa terhadap buku saku kimia berbasis mind mapping materi hidrolisis garam kelas XI MIPA SMAN 1 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, model pengembangan yang digunakan yaitu 4D dengan batasan tahapan 3D (define, design, dan development). Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi ahli materi dan media, respon siswa pada uji coba skala kecil dan skala besar, serta tes uji pemahaman siswa. Penelitin ini dilakukan pada tanggal 1 Januari-27 Februari 2019, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku saku kimia berbasis mind mapping yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak, menurut ahli materi dengan nilai rata-rata 93,6% dan pada ahli media diperoleh dengan nilai rata-rata 88,3%. Uji coba produk dilihat dari respon siswa pada uji coba skala kecil pada 9 orang siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,8% dengan kriteria sangat menarik dan uji coba skala besar pada 30 orang siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 90,7% dengan kriteria sangat menarik. Pada tes uji pemahaman siswa terhadap buku saku kimia yang dibuat diperoleh persentase sebesar 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan buku saku kimia berbasis mind mapping yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia pada materi hidrolisis garam.

Article Details

How to Cite
Gustina, R., Bahar, A., & Amir, H. (2021). PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA BERBASIS MIND MAPPING MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIPA SMAN 1 BENGKULU TENGAH. ALOTROP, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.16699

References

Read More