Isi Artikel Utama
Abstrak
Penerapan sistem pembelajaran student center learning (SCL) merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna (meaningfull learning).Akan tetapi penerapan SCL ini terkadang juga menimbulkan permasalahan seperti terjadinya miskonsepsi.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami mahasiswa dalam mata kuliah kimia sekolah II pada materi asam basa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kimia sekolah II kelas B dengan jumlah 26 mahasiswa.Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang disertai dengan certainty of response index (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 46,15% mahasiswa yang paham konsep, 34,61% mahasiswa yang tidak paham konsep dan 19,23% mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep-konsep asam basa yang diujikan. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa miskonsepsi paling banyak terjadi pada konsep hidrolisis garam.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang dialami mahasiswa dalam mata kuliah kimia sekolah II pada materiasam basa termasuk kategori rendah.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Nugroho, D.M., Suryadi Budi Utomo dan Budi Hastuti. Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Asam Basa Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier Dengan Model Mental Pada Siswa Kelas XII MIPA SMAN I Sragen Tahun Ajaran 2018/ 2019, Jurnal Pendidikan Kimia, 2019, 8 (2): 244-250
- Islami, D., Siti Suryaningsih dan Evi Sapinatul Bahriah. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Four-Tier Multiple – Choice (4TMC), Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2019, 9 (1): 21-29
- Jannah, M., Purnama Ningsih dan Ratman, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Tengah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan CRI (Certainty Of Response Index), Jurnal Akademika Kimia, 2016, 5 (2): 85-90
- Izza, R. I., Nurhamidah dan Elvinawati. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa, Alotrop, 2021, 5(1): 55- 63
- Suparno, P., 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Cet.2, Jakarta: PT Grasindo, ISBN : 978-979-081-965-8
- Parastuti, W.I., Suharti dan Suhadi Ibnu, Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Buffer, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016, 1(12): 2307—2313
- Usu, N., Rahmanpiu dan Muh. Alim Marhadi. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas HaluOleo. 2019, 4 (3): 226-237
- Yuniarti, E., Amrul Bahar, dan Elvinawati, Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Alotrop, 2020, 4(1): 69- 82
- Al Qadri, A.R., Panji Mujahid Alhaq, ,Nurul Muthmainnah, Mirna Ayu Irpadilla, Herlina,Nur Aulia S, dan Aviva R Scholten, Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gowa pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Three Tier
- Diagnostic Test, Jurnal Nalar Pendidikan, 2019, 7 (1): 46-52
- A’yun, Q. , Harjito dan Murbangun Nuswowati,. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Multiple Choice berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia., 2018, 12 (1) : 2108-2117
- Astuti, F., Tri Redjeki dan Nanik Dwi Nurhayati, Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/ 2016 pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2016, 5 (1): 10-17
- Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta ISBN: 9789798433108
- Zayyinah, Fatimatul Munawaroh dan Irsad Rosidi, Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP dengan CRI pada Konsep Suhu dan Kalor.Natural Science Education Research, 2018, 1(2): 78-89
- Saheb, W.A., Bambang Supriadi dan Trapsilo Prihandono , Identifikasi Miskonsepsi Materi Usaha Dan Energi Menggunakan CRI Pada Siswa SMA Di Bondowoso, FKIP e-Proceeding , 2018, 3(1): 6-13
- Christian, G. D. Analytical Chemistry (6th Edition), 2004, USA:John Wiley and Sons, ISBN-13: 978-0471214724
- Masterton, W.L and Cecile Nespral Hurley , 2015, Chemistry: Principles and Reactions, 7 th edition , USA: Saunders College Publishing, ISBN-13: 978-1111427108
- Mentari, L., I Nyoman Suardana dan I Wayan Subagia, Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga, Kimia Visvitalis, 2014, 2 (1): 76-87.
Referensi
Nugroho, D.M., Suryadi Budi Utomo dan Budi Hastuti. Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Asam Basa Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier Dengan Model Mental Pada Siswa Kelas XII MIPA SMAN I Sragen Tahun Ajaran 2018/ 2019, Jurnal Pendidikan Kimia, 2019, 8 (2): 244-250
Islami, D., Siti Suryaningsih dan Evi Sapinatul Bahriah. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Four-Tier Multiple – Choice (4TMC), Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2019, 9 (1): 21-29
Jannah, M., Purnama Ningsih dan Ratman, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Tengah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan CRI (Certainty Of Response Index), Jurnal Akademika Kimia, 2016, 5 (2): 85-90
Izza, R. I., Nurhamidah dan Elvinawati. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa, Alotrop, 2021, 5(1): 55- 63
Suparno, P., 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Cet.2, Jakarta: PT Grasindo, ISBN : 978-979-081-965-8
Parastuti, W.I., Suharti dan Suhadi Ibnu, Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Buffer, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016, 1(12): 2307—2313
Usu, N., Rahmanpiu dan Muh. Alim Marhadi. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas HaluOleo. 2019, 4 (3): 226-237
Yuniarti, E., Amrul Bahar, dan Elvinawati, Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Alotrop, 2020, 4(1): 69- 82
Al Qadri, A.R., Panji Mujahid Alhaq, ,Nurul Muthmainnah, Mirna Ayu Irpadilla, Herlina,Nur Aulia S, dan Aviva R Scholten, Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gowa pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Three Tier
Diagnostic Test, Jurnal Nalar Pendidikan, 2019, 7 (1): 46-52
A’yun, Q. , Harjito dan Murbangun Nuswowati,. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Multiple Choice berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia., 2018, 12 (1) : 2108-2117
Astuti, F., Tri Redjeki dan Nanik Dwi Nurhayati, Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/ 2016 pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2016, 5 (1): 10-17
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta ISBN: 9789798433108
Zayyinah, Fatimatul Munawaroh dan Irsad Rosidi, Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP dengan CRI pada Konsep Suhu dan Kalor.Natural Science Education Research, 2018, 1(2): 78-89
Saheb, W.A., Bambang Supriadi dan Trapsilo Prihandono , Identifikasi Miskonsepsi Materi Usaha Dan Energi Menggunakan CRI Pada Siswa SMA Di Bondowoso, FKIP e-Proceeding , 2018, 3(1): 6-13
Christian, G. D. Analytical Chemistry (6th Edition), 2004, USA:John Wiley and Sons, ISBN-13: 978-0471214724
Masterton, W.L and Cecile Nespral Hurley , 2015, Chemistry: Principles and Reactions, 7 th edition , USA: Saunders College Publishing, ISBN-13: 978-1111427108
Mentari, L., I Nyoman Suardana dan I Wayan Subagia, Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga, Kimia Visvitalis, 2014, 2 (1): 76-87.