Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pelaksanaan pratikum terhadap hasil belajar kimia siswa SMA negeri di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Juni tahun 2020 di SMA negeri Kota Bengkulu yang terdiri dari 10 sekolah dengan sampel penelitian guru kimia yang mengajar di kelas XI MIPA yaitu sebanyak 15 orang. Dalam penelitian ini digunakan dua instrument penelitian yaitu instrument angket pelaksanaan pratikum dan dokumentasi hasil belajar. Instrumen angket pelaksanaan pratikum divalidasi oleh dua orang ahli yaitu dosen pendidikan kimia dan salah satu guru SMA negeri di kota Bengkulu pada 26 februari sampai 3 maret tahun 2020, hasil validasi menyatakan 29 item pertanyaan valid yaitu 24 item pertanyaan tertutup dan 5 item pertanyaan terbuka. Hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai ulangan harian pokok bahasan termokimia dan laju reaksi pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Uji korelasi antara pelaksanaan pratikum terhadap hasil belajar kimia menggunakan uji korelasi sederhana pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pratikum kimia yang dilaksanakan untuk kelas XI di SMAN sekota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil diperoleh sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis nilai siswa untuk pokok bahasan termokimia diperoleh sebesar 34,09% siswa berkategori sangat baik, 61,09% baik dan 4,82% cukup. Nilai pokok bahasan laju reaksi diperoleh sebanyak 39,06% siswa berkategori sangat baik, 52,79% baik, 6,79% cukup dan 1,36% kurang. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan pratikum kimia di kelas XI pada SMAN sekota Bengkulu pada tahun ajaran 2019/2020 terhadap hasil belajar siswa dengan hasil yang diperoleh nilai koefisien korelasi 0,933 (kategori sangat kuat pada materi termokimia) dan 0,860 (kategori sangat kuat pada materi laju reaksi) serta nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,007 untuk materi termokimia dan 0,028 untuk materi laju reaksi. 

Keywords

Pratikum Hasil Belajar Korelasi Analisis.

Article Details

How to Cite
Anggraini, T., Nurhamidah, N., & Rohiat, S. (2022). ANALISIS HUBUNGAN PELAKSANAAN PRATIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BENGKULU. ALOTROP, 6(1), 28–34. https://doi.org/10.33369/atp.v6i1.20320

References

  1. Agung, N.C.S., dan Irwan Nugraha, Bertualang di dunia kimia, 2008, Yogyakarta Pustaka Insan Madani , ISBN 978-979-026-186-0
  2. Chang, R., Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti , 2005, Jakarta, Erlangga , ISBN 9789797810405
  3. Subagia, I.W., Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA, Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, Singaraja 11 Oktober 2014, Hal: 152-163..
  4. Inayah, L.,dan Andari Puji Astuti, Analisis Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Laboratorium Dalam Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 9 Semarang, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang , 2017 Hal 200-207. ISBN : 978-662-61599-6-0.
  5. Marlan, Studi Evaluasi Sarana Dan Prasarana Laboratorium Kimia SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan, Jurnal Manajer Pendidikan, 2020, 14(2): 68-74.
  6. Junaidi, E., Saprizal Hadisaputra, Aliefman Hakim, Syarifa Wahidah Al Idrus, Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2017, 2(1): 101-111.
  7. Wiratma, I.G.L., dan I Wayan Subagia, Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri Di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti),
  8. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2014, 3(2): 425-436.
  9. Sadjati , I.M., dan Pepi Rospina Pertiwi, Persepsi Mahasiswa Tentang
  10. Penyelenggaraan Praktikum Pada
  11. Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh
  12. (Kasus: Program Studi Agribisnis FMIPA Universitas Terbuka), Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2013, 14(1): 45-56
  13. Simajuntak, N.D.P., Salastri Rohiat dan Elvinawati, Hubungan Antara Sarana Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.Alotrop, 2017, 1(2): 102-105.
  14. Maulana .R, L., Sri Yuniarti, dan Kasiat Adisiswanto, Kajian Model Manajemen Laboratorium Lingkungan Sebagai Upaya Menuju Green Campus, Jurnal Rekayasa Lingkungan , 2019,19(2): 1-16.
  15. Agustina, P., Alanindra Saputra, Eva Khusnul Khotimah, Dwi Rohmahsari, dan Nunuk Sulistyanti, Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari Kualitas Laboratorium, Pengelolaan, dan Pelaksanaan Praktikum, Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi , 2019, 8(2): 105-110
  16. Siburian, F., Masdiana Sinambela, dan Septie. Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 2017, 5(2): 21-31.
  17. Darmayanti, N.K.A, S., Maryam, dan I.W Subagia, Analisis Pelaksanaan Pratikum Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksh, . 2019, 3(2): 52-60.
  18. Riyanti, R., Nur, Rizki Amalia Nur dan Pertiwi Indah Lestari, Pengaruh Pelaksanaan Pratikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Prosiding Seminar Nasional FKIP UMMA. 2019, 1 : 182-185.
  19. Rofiqoh, W.E.Y., dan Nana Kariada Tri Martuti. Pengaruh Praktikum Jamur Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Jamur. Unnes Journal of Biology Education. , 2015, 4(1): 9-15.
  20. Astuti, N.W., Berti Yolida dan Darlen Sikumbang, Hubungan Pratikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik. 2019, 7(5): 53-65.
  21. Yolida, B., Ranthy Ajeng Damarwulan dan Darlen Sikumbang, Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Bioeduscience, 2020,4, (1) : 56-65.