Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Agung, N.C.S., dan Irwan Nugraha, Bertualang di dunia kimia, 2008, Yogyakarta Pustaka Insan Madani , ISBN 978-979-026-186-0
- Chang, R., Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti , 2005, Jakarta, Erlangga , ISBN 9789797810405
- Subagia, I.W., Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA, Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, Singaraja 11 Oktober 2014, Hal: 152-163..
- Inayah, L.,dan Andari Puji Astuti, Analisis Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Laboratorium Dalam Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 9 Semarang, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang , 2017 Hal 200-207. ISBN : 978-662-61599-6-0.
- Marlan, Studi Evaluasi Sarana Dan Prasarana Laboratorium Kimia SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan, Jurnal Manajer Pendidikan, 2020, 14(2): 68-74.
- Junaidi, E., Saprizal Hadisaputra, Aliefman Hakim, Syarifa Wahidah Al Idrus, Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2017, 2(1): 101-111.
- Wiratma, I.G.L., dan I Wayan Subagia, Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri Di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti),
- Jurnal Pendidikan Indonesia, 2014, 3(2): 425-436.
- Sadjati , I.M., dan Pepi Rospina Pertiwi, Persepsi Mahasiswa Tentang
- Penyelenggaraan Praktikum Pada
- Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh
- (Kasus: Program Studi Agribisnis FMIPA Universitas Terbuka), Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2013, 14(1): 45-56
- Simajuntak, N.D.P., Salastri Rohiat dan Elvinawati, Hubungan Antara Sarana Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.Alotrop, 2017, 1(2): 102-105.
- Maulana .R, L., Sri Yuniarti, dan Kasiat Adisiswanto, Kajian Model Manajemen Laboratorium Lingkungan Sebagai Upaya Menuju Green Campus, Jurnal Rekayasa Lingkungan , 2019,19(2): 1-16.
- Agustina, P., Alanindra Saputra, Eva Khusnul Khotimah, Dwi Rohmahsari, dan Nunuk Sulistyanti, Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari Kualitas Laboratorium, Pengelolaan, dan Pelaksanaan Praktikum, Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi , 2019, 8(2): 105-110
- Siburian, F., Masdiana Sinambela, dan Septie. Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 2017, 5(2): 21-31.
- Darmayanti, N.K.A, S., Maryam, dan I.W Subagia, Analisis Pelaksanaan Pratikum Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksh, . 2019, 3(2): 52-60.
- Riyanti, R., Nur, Rizki Amalia Nur dan Pertiwi Indah Lestari, Pengaruh Pelaksanaan Pratikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Prosiding Seminar Nasional FKIP UMMA. 2019, 1 : 182-185.
- Rofiqoh, W.E.Y., dan Nana Kariada Tri Martuti. Pengaruh Praktikum Jamur Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Jamur. Unnes Journal of Biology Education. , 2015, 4(1): 9-15.
- Astuti, N.W., Berti Yolida dan Darlen Sikumbang, Hubungan Pratikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik. 2019, 7(5): 53-65.
- Yolida, B., Ranthy Ajeng Damarwulan dan Darlen Sikumbang, Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Bioeduscience, 2020,4, (1) : 56-65.
Referensi
Agung, N.C.S., dan Irwan Nugraha, Bertualang di dunia kimia, 2008, Yogyakarta Pustaka Insan Madani , ISBN 978-979-026-186-0
Chang, R., Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti , 2005, Jakarta, Erlangga , ISBN 9789797810405
Subagia, I.W., Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA, Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, Singaraja 11 Oktober 2014, Hal: 152-163..
Inayah, L.,dan Andari Puji Astuti, Analisis Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Laboratorium Dalam Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 9 Semarang, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang , 2017 Hal 200-207. ISBN : 978-662-61599-6-0.
Marlan, Studi Evaluasi Sarana Dan Prasarana Laboratorium Kimia SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan, Jurnal Manajer Pendidikan, 2020, 14(2): 68-74.
Junaidi, E., Saprizal Hadisaputra, Aliefman Hakim, Syarifa Wahidah Al Idrus, Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2017, 2(1): 101-111.
Wiratma, I.G.L., dan I Wayan Subagia, Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri Di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti),
Jurnal Pendidikan Indonesia, 2014, 3(2): 425-436.
Sadjati , I.M., dan Pepi Rospina Pertiwi, Persepsi Mahasiswa Tentang
Penyelenggaraan Praktikum Pada
Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh
(Kasus: Program Studi Agribisnis FMIPA Universitas Terbuka), Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2013, 14(1): 45-56
Simajuntak, N.D.P., Salastri Rohiat dan Elvinawati, Hubungan Antara Sarana Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.Alotrop, 2017, 1(2): 102-105.
Maulana .R, L., Sri Yuniarti, dan Kasiat Adisiswanto, Kajian Model Manajemen Laboratorium Lingkungan Sebagai Upaya Menuju Green Campus, Jurnal Rekayasa Lingkungan , 2019,19(2): 1-16.
Agustina, P., Alanindra Saputra, Eva Khusnul Khotimah, Dwi Rohmahsari, dan Nunuk Sulistyanti, Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari Kualitas Laboratorium, Pengelolaan, dan Pelaksanaan Praktikum, Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi , 2019, 8(2): 105-110
Siburian, F., Masdiana Sinambela, dan Septie. Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 2017, 5(2): 21-31.
Darmayanti, N.K.A, S., Maryam, dan I.W Subagia, Analisis Pelaksanaan Pratikum Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksh, . 2019, 3(2): 52-60.
Riyanti, R., Nur, Rizki Amalia Nur dan Pertiwi Indah Lestari, Pengaruh Pelaksanaan Pratikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Prosiding Seminar Nasional FKIP UMMA. 2019, 1 : 182-185.
Rofiqoh, W.E.Y., dan Nana Kariada Tri Martuti. Pengaruh Praktikum Jamur Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Jamur. Unnes Journal of Biology Education. , 2015, 4(1): 9-15.
Astuti, N.W., Berti Yolida dan Darlen Sikumbang, Hubungan Pratikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik. 2019, 7(5): 53-65.
Yolida, B., Ranthy Ajeng Damarwulan dan Darlen Sikumbang, Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Bioeduscience, 2020,4, (1) : 56-65.