Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, tingkat keterbacaan, respon peserta didik dan tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis android pada materi sistem Koloid melalui pendekatan Problem based Learning. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Rejang Lebong dengan subjek penelitian yaitu 9 siswa kelas XII MIPA 2 untuk uji coba skala kecil dan 35 siswa kelas XII IPA 4 untuk uji coba skala besar. Dari hasil penelitian diperoleh (1) tingkat kelayakan bahan ajar berbasis android pada materi sistem koloid melalui pendekatan Problem Based Learning dinyatakan sangat valid dan sangat terbaca. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji validitas dan uji keterbacaan yang diperoleh yaitu persentase validitas dari penilaian ahli materi sebesar 87,22 %, persentase validitas penilaian dari ahli media sebesar 92,17 % dan persentase keterbacaan penilaian dari siswa sebesar 86,98 %, (2) respon siswa dinyatakan sangat menarik dilihat dari hasil respon siswa yang diperoleh sebesar 87,26 %, (3) tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis android melalui pendekatan Problem Based Learning berada pada tingkat sedang dilihat dari hasil N-Gain skor rata-rata yang diperoleh dari nilai pre test dan post test sebesar 0,65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis android melalui pendekatan Problem Based Learning yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam mewujudkan pembelajaran aktif dan membantu siswa dalam memahami materi sistem koloid.
Kata Kunci : bahan ajar, android, sistem koloid, problem based learning
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Dewi Handayani, Nabilah Diomara, Rina Elvia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.