Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon mahasiswa dan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media berbasis android yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire pada materi Termodinamika Pembentukan Senyawa Anorganik dan Ikatan Kimia di mata kuliah Kimia Anorganik II. Pengembangan media menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu kelas A dan kelas B yang berjumlah 45 orang. Instrumen pada penelitian ini lembar validasi, angket respon mahasiswa, lembar pretest dan posttest. Dari hasil penelitian diperoleh (1) media yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan materi dengan persentase 89.8% dan 90.5%, (2) respon mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 88,8%, (3) terjadi peningkatan hasil belajar yang diukur dengan rata-rata skor N-gain 0,64 pada kriteria sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi pada mata kuliah Kimia Anorganik II.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wiwit, Amir, H., & Febrianti, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan Lectora Inspire pada mata kuliah Kimia Anorganik II. ALOTROP, 6(2), 151–155. https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25041