Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon mahasiswa dan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media berbasis android yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire pada materi Termodinamika Pembentukan Senyawa Anorganik dan Ikatan Kimia di mata kuliah Kimia Anorganik II. Pengembangan media menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu kelas A dan kelas B yang berjumlah 45 orang. Instrumen pada penelitian ini lembar validasi, angket respon mahasiswa, lembar pretest dan posttest. Dari hasil penelitian diperoleh (1) media yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan materi dengan persentase 89.8% dan 90.5%, (2) respon mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 88,8%, (3) terjadi peningkatan hasil belajar yang diukur dengan rata-rata skor N-gain 0,64 pada kriteria sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi pada mata kuliah Kimia Anorganik II.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Wiwit Alwi, Hermansyah Amir, Emilia Febrianti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.