Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap e-modul kimia berorientasi literasi sains pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu; Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi), namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap implementasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah yang berjumlah 29 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Tingkat kelayakan e-modul berdasarkan validasi ahli media sebesar 94,31% yang menyatakan bahwa tampilan dalam e-modul sudah layak dari aspek media, validasi ahli materi sebesar 89,77% yang menyatakan bahwa materi dalam e-modul sudah layak dari aspek materi dan berorientasi literasi sains. Respon peserta didik terhadap e-modul sebesar 85,73% yang menyatakan bahwa peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap e-modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul kimia berorientasi literasi sains pada materi kesetimbangan kimia sangat layak digunakan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-modul kimia, Literasi Sains, Kesetimbangan Kimia
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Ronawati Silaban, Rina Elvia, Febrian Solikhin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.