Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa Pendidikan Kimia yang mengambil Mata Kuliah Matematika Kimia dengan memanfaatkan Program Microsoft Excel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dosen dan siswa dan lembar test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Microsoft Excel dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa Pendidikan Kimia yang mengambil Mata Kuliah Matematika Kimia pada Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan aktivitas belajar ini ditunjukan dengan meningkatnya skor observasi dari 20 (kategori cukup) pada siklus 1, 25 (kategori baik) pada siklus 2 dan 27 (kategori baik) pada siklus 3. Pemanfaatan Microsoft Excel juga mampu meningkatkan hasil pembelajaran matematika kimia yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dari siklus 1, 2 dan 3 berturut-turut yaitu 65,6; 80,4; 81,3. Pemanfaatan Microsoft Excel mampu meningkatkan kualitas pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Kimia yang mengambil Mata Kuliah Matematika Kimia pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 I Nyoman Candra, Elvinawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.