Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa Pendidikan Kimia yang mengambil Mata Kuliah Matematika Kimia dengan memanfaatkan Program Microsoft Excel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dosen dan siswa dan lembar test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Microsoft Excel dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa Pendidikan Kimia yang mengambil Mata Kuliah Matematika Kimia pada Tahun Ajaran  2017/2018. Peningkatan aktivitas belajar ini ditunjukan dengan meningkatnya skor observasi dari 20 (kategori cukup) pada siklus 1, 25 (kategori baik) pada siklus 2 dan 27 (kategori baik) pada siklus 3. Pemanfaatan Microsoft Excel juga mampu meningkatkan hasil pembelajaran matematika kimia yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dari siklus 1, 2 dan 3 berturut-turut yaitu 65,6; 80,4; 81,3. Pemanfaatan Microsoft Excel mampu meningkatkan kualitas pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Kimia yang mengambil Mata Kuliah Matematika Kimia pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
I Nyoman Candra, Elvinawati, & Hermansyah Amir. (2023). Pemanfaatan Microsoft Excel Untuk Membantu Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Matematika Kimia. ALOTROP, 7(1), 74–80. https://doi.org/10.33369/alo.v7i1.28147