Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi hukum-hukum dasar kimia yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develope dan Dessaminate) yang dibatasi hingga tahap develope. Subjek penelitian adalah 27 siswa dari kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 03 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2022/2023. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari sampai September 2022. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar observasi, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif berupa saran dari validator serta data kuantitatif hasil dari lembar validasi dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian diperoleh (1) e-LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase 88% dimana nilai terendah berada pada aspek kebahasaan, sedangkan oleh ahli media juga dinyatakan sangat layak dengan persentase 93,5% dimana nilai terendah berada pada aspek kegrafikkan, (2) hasil respon siswa terhadap e-LKPD Problem Based Learning memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 84,76 % dimana nilai terendah berada pada aspek kemudahan pemahaman. Kesimpulan berdasarkan hasil dari validasi dan respon siswa tersebut menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran pada materi hukum-hukum dasar kimia.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Indah Monica, Nurhamidah, elvinawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.