Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur literasi sains siswa di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu pada materi termokimia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 2 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan populasi sebanyak 3 kelas, yang kemudian dilakukan uji homogenitas sehingga didapatkan kelas yang homogen yaitu kelas XI MIPA 2 untuk uji skala besar dan XI MIPA 3 untuk uji skala kecil. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari sampai September 2022. Data penelitian diperoleh dari wawancara, lembar validasi ahli, analisis uji empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan analisis tingkat literasi sains siswa. Jumlah instrumen yang dikembangkan adalah 6 butir soal berbentuk essay. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan aplikasi Ministep, sehingga didapatkan butir soal yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan nilai CVR ( Content Validity Ratio) minimal 0,78 pada masing-masing soal, dan nilai CVI ( Content Validity Koteks) yang diperoleh adalah sebesar 0,94 dengan kategori sangat baik. Hasil uji validitas empiris dilakukan pada 15 orang siswa kelas XI MIPA 3 dan diperoleh 8 soal yang valid. Instrumen tes berbasis literasi sains yang dikembangkan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,85 dengan kategori reliabilitas sangat baik sehingga dapat digunakan untuk mengukur tingkat literasi sains siswa. Hasil implementasi pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains diperoleh 1 siswa yang memiliki tingkat literasi sains tinggi, 2 siswa yang memiliki tingkat literasi sains sedang, dan 23 siswa dengan tingkat literasi sains pada level nominal scientific Literacy. Hasil pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains terbukti akurat dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur literasi sains siswa khususnya pada materi termokimia.
Kata Kunci: pengembangan, instrumen tes kimia, literasi sains, dan termokimia
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Tari Nurfadillah, Rina Elvia, Elvinawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.