Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur literasi sains siswa di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu pada materi termokimia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 2 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan populasi sebanyak 3 kelas, yang kemudian dilakukan uji homogenitas sehingga didapatkan kelas yang homogen yaitu kelas XI MIPA 2 untuk uji skala besar dan XI MIPA 3 untuk uji skala kecil. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari sampai September 2022. Data penelitian diperoleh dari wawancara, lembar validasi ahli, analisis uji empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan analisis tingkat literasi sains siswa. Jumlah instrumen yang dikembangkan adalah 6 butir soal berbentuk essay. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan aplikasi Ministep, sehingga didapatkan butir soal yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan nilai CVR ( Content Validity Ratio) minimal 0,78 pada masing-masing soal, dan nilai CVI ( Content Validity Koteks) yang diperoleh adalah sebesar 0,94 dengan kategori sangat baik. Hasil uji validitas empiris dilakukan pada 15 orang siswa kelas XI MIPA 3 dan diperoleh 8 soal yang valid. Instrumen tes berbasis literasi sains yang dikembangkan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,85 dengan kategori reliabilitas sangat baik sehingga dapat digunakan untuk mengukur tingkat literasi sains siswa. Hasil implementasi pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains diperoleh 1 siswa yang memiliki tingkat literasi sains tinggi, 2 siswa yang memiliki tingkat literasi sains sedang, dan 23 siswa dengan tingkat literasi sains pada level nominal scientific Literacy. Hasil pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains terbukti akurat dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur literasi sains siswa khususnya pada materi termokimia.


Kata Kunci: pengembangan, instrumen tes kimia, literasi sains, dan termokimia

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tari Nurfadillah, Rina Elvia, & Elvinawati. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kimia Berbasis Literasi Sains untuk Mengukur Literasi Sains Siswa. ALOTROP, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.33369/alo.v7i1.28253