Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul kimia berbasis ICARE yang bertujuan mengetahui kelayakan e-modul, respon siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Seluma dari bulan Januari sampai dengan Agustus 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 3 tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling dengan populasi sebanyak 3 kelas, yang kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas sehingga didapatkan kelas yang normal dan homogen yaitu kelas X IPA 2 untuk uji kelompok kecil dan X IPA 3 untuk uji kelompok besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan tes. Dari hasil yang diperoleh (1) e-modul kimia berbasis ICARE dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan materi dengan persentase dari aspek media 98,88% dan aspek materi sebesar 91,25%, (2) Respon siswa terhadap e-modul kimia berbasis ICARE berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 90,23%, dan (3) Setelah menggunakan e-modul kimia berbasis ICARE pada materi reaksi redoks telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diukur dengan rata-rata skor N-gain 0,69 pada kriteria sedang. Hasil pengembangan e-modul kimia berbasis ICARE sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci: e-modul, Pengembangan, ICARE, Hasil Belajar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nengsih, E. A., Amir, H., & Handayani, D. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS INTRODUCTION, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND (ICARE) PADA MATERI REAKSI REDOKS. ALOTROP, 7(2), 119–132. https://doi.org/10.33369/alo.v7i2.31004