Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul kimia berbasis ICARE yang bertujuan mengetahui kelayakan e-modul, respon siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Seluma dari bulan Januari sampai dengan Agustus 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 3 tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling dengan populasi sebanyak 3 kelas, yang kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas sehingga didapatkan kelas yang normal dan homogen yaitu kelas X IPA 2 untuk uji kelompok kecil dan X IPA 3 untuk uji kelompok besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan tes. Dari hasil yang diperoleh (1) e-modul kimia berbasis ICARE dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan materi dengan persentase dari aspek media 98,88% dan aspek materi sebesar 91,25%, (2) Respon siswa terhadap e-modul kimia berbasis ICARE berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 90,23%, dan (3) Setelah menggunakan e-modul kimia berbasis ICARE pada materi reaksi redoks telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diukur dengan rata-rata skor N-gain 0,69 pada kriteria sedang. Hasil pengembangan e-modul kimia berbasis ICARE sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: e-modul, Pengembangan, ICARE, Hasil Belajar
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Ersa Agusti Nengsih, Hermansyah Amir, Dewi Handayani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.