Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan metakognitif, hasil belajar siswa, dan korelasi keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3, XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 yang berjumlah 105 siswa yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dari populasi sebanyak 7 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes menggunakan instrumen tes tertulis dan non tes menggunakan kuesioner. Analisis data untuk uji korelasi menggunakan aplikasi SPPS 23. Hasil penelitian pada kuesioner keterampilan metakognitif diperoleh sebesar 85,2% yang menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif siswa berada pada kategori sangat baik. Aspek keterampilan metakognitif terendah pada bagian keterampilan evaluasi (evaluating skills) diperoleh sebesar 82,8% yang menunjukkan bahwa sebagian siswa belum dapat merangkum apa yang dibuat, belum memahami dalam menjawab persoalan dan kurang teliti dalam memeriksa jawaban yang telah dibaut pada materi hidrokarbon. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon diperoleh bahwa sebanyak 61,90% siswa pada kategori sangat baik, dan 38,10% pada kategori siswa baik. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajarnya yang terlihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,919 serta nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003. Hal tersebut menunjukkan bahwa korelasi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon berada pada kategori sangat kuat yang menunjukkan bahwa siswa mampu menuliskan, menyusun serta membedakan berbagai struktur senyawa.
Article Details
Copyright (c) 2024 Indah Permata Sari, Febrian Solikhin, Rina Elvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.