Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran group investigation menggunakan bantuan media animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Menggunakan kelas XII IPA 4 MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 sebagai subjek dari penelitian. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observai dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan lembar observasi , tes dan lembar respon siswa. Dari data hasil analisis yang dilakukan model pembelajaran dan media yang digunakan dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan peningkatan hasil pada setiap siklus, pada siklus I 56,2%, siklus II 75% dan siklus III 81,2%. Data hasil observasi siswa menunjukan terjadi peningkatan terhadap aktifan siswa pada setiap siklusnya, siklus I memiliki skor penilaian 13, siklus II 14,5 dan siklus III 17,8. Aspek kemampuan berpikir kreatif yang mengalami peningkatan yang siginifikan adalah aspek flexibility dan originality
Article Details
Copyright (c) 2024 Hizkia Mahezra Agustin, Rina Elvia, Salastri Rohiat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.