Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian Research and Development yang mengembangkan penuntun praktikum berbasis lingkungan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, respon peserta didik terhadap penuntun praktikum berbasis lingkungan dan untuk mengetahui nilai psikomotorik (keterampilan) peserta didik saat menggunakan penuntun praktikum berbasis lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Bengkulu Utara dengan subjek penelitian yaitu 9 peserta didik kelas XI MIPA 3 untuk uji coba skala kecil dan 28 peserta didik kelas XI MIPA 1 untuk uji coba skala besar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Penuntun praktikum berbasis lingkungan yang dikembangkan layak digunakan dengan diperoleh persentase kevalidan materi dan media berturut-turut sebesar 92,5% dan 93,3% dengan kriteria sangat valid (2) Respon peserta didik terhadap penuntun praktikum berbasis lingkungan termasuk ke dalam kriteria sangat baik dari aspek kualitas isi, kebahasaan dan kebermanfaatan dengan diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,2% pada skala kecil dan 92,7% pada skala besar. (3) Penilaian psikomotorik peserta didik saat menggunakan penuntun praktikum berbasis lingkungan termasuk ke dalam kriteria baik, 71,0% untuk aspek penilaian pada tahap persiapan; 74,8% untuk penilaian pada tahap pelaksanaan dan 84,7% untuk penilaian pada tahap akhir, dengan persentase rata-rata sebesar 76,8%.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Laila Dwi Apriliana, I Nyoman Candra, Wiwit Wiwit

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.