Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa melalui penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan satu kelas sampel penelitian. Mahasiswa sampel merupakan mahasiswa Universitas Jambi Program Studi Pendidikan Kimia yang mengambil mata kuliah filsafat pendidikan. Pada penelitian ini, instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data sikap ilmiah. Selisih data sikap ilmiah mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM selanjutnya dilakukan uji uji t-test paired sampel untuk mengetahui dampak penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap sikap ilmiah mahasiswa. Hasil signifikansi berdasarkan uji t-test paired sample menunjukkan 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Firdiawan Ekaputra, Fuldiaratman, & Wilda Syahri. (2024). PENERAPAN FLIPBOOK MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA. ALOTROP, 8(2), 46–52. https://doi.org/10.33369/alo.v8i2.37741