Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa melalui penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan satu kelas sampel penelitian. Mahasiswa sampel merupakan mahasiswa Universitas Jambi Program Studi Pendidikan Kimia yang mengambil mata kuliah filsafat pendidikan. Pada penelitian ini, instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data sikap ilmiah. Selisih data sikap ilmiah mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM selanjutnya dilakukan uji uji t-test paired sampel untuk mengetahui dampak penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM terhadap sikap ilmiah mahasiswa. Hasil signifikansi berdasarkan uji t-test paired sample menunjukkan 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan flipbook modul pembelajaran dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Firdiawan Ekaputra, Fuldiaratman, Wilda Syahri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.