Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian three tier multiple choice untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada materi termokimia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, analisis uji empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, analisis pengecoh, dan analisis kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa. Jumlah instrument yang dikembangkan adalah 20 butir soal three tier multiple choice. Hasil penelitian diperoleh: (1) Instrument tes three tier multiple choice pada materi termokimia yang sudah dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan nilai CVR yang diperoleh minimal 0,78 dan nilai CVI yang diperoleh adalah 0,91 dengan kategori sangat baik (2) Hasil uji validitas empiris dilakukan pada 68 siswa dan diperoleh 14 soal yang valid (3) Instrumen penilaian three tier multiple choice yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa (4) Hasil implementasi pengembangan instrumen keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh diperoleh 2 siswa dengan kategori sangat kritis, 2 siswa dengan kategori kritis, 16 siswa dengan kategori cukup kritis, 13 siswa dengan kategori kurang kritis, dan 1 siswa dengan kategori tidak kritis (4) Hasil pengembangan instrumen penilaian three tier multiple choice terbukti dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa
Kata kunci: Pengembangan; Three-Tier Multiple Choice; Berpikir Kritis; Termokimia
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Putri Nopita Sari, Rina Elvia, Elvinawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.