Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian three tier multiple choice untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada materi termokimia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, analisis uji empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, analisis pengecoh, dan analisis kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa. Jumlah instrument yang dikembangkan adalah 20 butir soal three tier multiple choice. Hasil penelitian diperoleh: (1) Instrument tes three tier multiple choice pada materi termokimia yang sudah dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan nilai CVR yang diperoleh minimal 0,78 dan nilai CVI yang diperoleh adalah 0,91 dengan kategori sangat baik (2) Hasil uji validitas empiris dilakukan pada 68 siswa dan diperoleh 14 soal yang valid (3) Instrumen penilaian three tier multiple choice yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa (4) Hasil implementasi pengembangan instrumen keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh diperoleh 2 siswa dengan kategori sangat kritis, 2 siswa dengan kategori kritis, 16 siswa dengan kategori cukup kritis, 13 siswa dengan kategori kurang kritis, dan 1 siswa dengan kategori tidak kritis (4) Hasil pengembangan instrumen penilaian three tier multiple choice terbukti dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa


 


Kata kunci: Pengembangan; Three-Tier Multiple Choice; Berpikir Kritis; Termokimia

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nopita Sari, P., Rina Elvia, & Elvinawati. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. ALOTROP, 8(2), 97–109. https://doi.org/10.33369/alo.v8i2.38225