Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari KIT praktikum, respon dan kemampuan psikomotorik peserta didik setelah menggunakan media alternatif KIT yang dikembangkan. Pengembangan KIT praktikum kimia ini menggunakan pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu  dengan subjek penelitian yaitu 12 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk uji coba kelompok kecil dan seluruh peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu untuk uji coba kelompok besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar penilaian psikomotorik. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Tingkat kelayakan KIT praktikum kimia yaitu 94,05%  dengan kategori sangat valid, (2)  Hasil respon peserta didik terhadap KIT praktikum pada materi kalorimeter memperoleh persentase 89,06% dengan kategori sangat baik,  (3) Kemampuan psikomotorik peserta didik memperoleh rata-rata persentase  pada SMA Negeri 8 Kota Bengkulu sebesar 92,17% dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu sebesar 96,95% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan KIT praktikum kimia pada materi kalorimeter telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan diterapkan pada proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tiara Juliani, Elvinawati, & Febrian Solikhin. (2024). PENGEMBANGAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU (KIT) PRAKTIKUM KIMIA. ALOTROP, 8(2), 120–129. https://doi.org/10.33369/alo.v8i2.38581