Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari KIT praktikum, respon dan kemampuan psikomotorik peserta didik setelah menggunakan media alternatif KIT yang dikembangkan. Pengembangan KIT praktikum kimia ini menggunakan pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu 12 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk uji coba kelompok kecil dan seluruh peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu untuk uji coba kelompok besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar penilaian psikomotorik. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Tingkat kelayakan KIT praktikum kimia yaitu 94,05% dengan kategori sangat valid, (2) Hasil respon peserta didik terhadap KIT praktikum pada materi kalorimeter memperoleh persentase 89,06% dengan kategori sangat baik, (3) Kemampuan psikomotorik peserta didik memperoleh rata-rata persentase pada SMA Negeri 8 Kota Bengkulu sebesar 92,17% dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu sebesar 96,95% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan KIT praktikum kimia pada materi kalorimeter telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan diterapkan pada proses pembelajaran.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Tiara Juliani, Elvinawati, Febrian Solikhin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.