Isi Artikel Utama

Abstrak

Penyediaan sumber belajar yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam dan ada dilingkungan sekitar kita sangat diperlukan, supaya proses pembelajaran di kelas lebih aktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia organik bahan alam (KOBA) yang berbasis hasil penelitian tentang pemanfaatan senyawa bahan alam, sehingga mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar. Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian menggunakan 24 orang mahasiswa semester VII Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Bengkulu Angkatan 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi ahli dan angket respon mahasiswa dan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian validator terhadap modul yang dikembangkan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 93.60% yang termasuk pada kategori sangat valid, sedangkan hasil penilaian mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan diperoleh rata-rata sebesar 93% yang termasuk kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil angket penilaian validasi ahli dan angket respon mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembalajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurhamidah, Handayani, D., & Wiwit, W. (2024). PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ORGANIK BAHAN ALAM BERBASIS RISET UNTUK MENSTIMULUS BERFIKIR KRITIS MAHASISWA. ALOTROP, 8(2), 145–156. https://doi.org/10.33369/alo.v8i2.38739