Isi Artikel Utama
Abstrak
Penyediaan sumber belajar yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam dan ada dilingkungan sekitar kita sangat diperlukan, supaya proses pembelajaran di kelas lebih aktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia organik bahan alam (KOBA) yang berbasis hasil penelitian tentang pemanfaatan senyawa bahan alam, sehingga mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar. Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian menggunakan 24 orang mahasiswa semester VII Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Bengkulu Angkatan 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi ahli dan angket respon mahasiswa dan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian validator terhadap modul yang dikembangkan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 93.60% yang termasuk pada kategori sangat valid, sedangkan hasil penilaian mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan diperoleh rata-rata sebesar 93% yang termasuk kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil angket penilaian validasi ahli dan angket respon mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembalajaran.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Nurhamidah, Dewi Handayani, Wiwit Wiwit

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.