Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen Pengambilan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru kimia, lembar validasi dan angket respon siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 08 Kota Bengkulu dengan terhadap 30 siswa kelas XI IPA 4. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kelayakan media pembelajaran pada aspek media yaitu 95,32% sedangkan dari aspek materi yaitu 82,5%. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran yang dikembangkan yaitu 89,25%, masuk ke dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap hasil uji coba produk di kelas memperoleh persentase 88,85% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan Media Pembelajaran Power Point dengan Ispring Suite 9 pada materi larutan penyangga yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dan layak diterapkan pada proses pembelajaran.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Yornia Sianturi, Sura Menda Ginting, Hermansyah Amir

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.