Main Article Content
Abstract
Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang dirancang berfokus kepada siswa dengan memiliki prinsip pengembangan kompetensi dan karakter, fleksibel, dan juga berfokus pada muatan esensial. Namun, dalam penerapan kurikulum merdeka tidak terlepas dari permasalahan yang ada di lapangan, salah satunya yang dirasakan oleh guru mata pelajaran Kimia di SMAN 1 Rumpin. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan permasalahan penerapan kurikulum merdeka yang dirasakan oleh guru kimia di SMAN 1 Rumpin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari data condentation, data display, dan conclusion: drawing/verification. Penelitian ini menemukan delapan temuan yang menunjukan permasalahan yang dirasakan oleh guru kimia di SMAN 1 Rumpin dalam menerapkan kurikulum merdeka diantaranya: kurangnya kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka, kendala dalam menerapkan strategi pembelajaran, rendahnya minat siswa, kurangnya sumber daya manusia, fasilitas, dan finansial, keterbatasan waktu, kendala dalam menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), beban kerja, dan kurangnya dukungan dari stakeholder (pemerintah, kolaborasi guru, dan orang tua).
Kata kunci: Problematika implementasi; Kurikulum Merdeka; guru mata pelajaran kimia.
Article Details
Copyright (c) 2025 Wanda Hamidah, Salamah Agung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.