Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta, 2012:10(1):98-105
- Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kuri-kulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017 :1(2):132-135.
- Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Pening-katan Kualitas Pembelajaran Dan Pemba-ngunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012:10(2):156-159.
- Yudi, A.A., Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP), Cerdas Sifa, 2012:1:1-8
- Simanjuntak , N,D,P, Salastri Rohiat, Elvinawati., Hubungan Antara Sarana Laboratorium Terhadap Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu, Alotrop .2017:1(2):102-105.
- Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat, Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Beng-kulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Ha-sil Belajar Kimia, Alotrop, 2017: 1(2): 113-116.
- Yonanda, D.A., Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKN Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2M (Mind Mapping) Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang, Jurnal Cakrawala Pendas, 2017: 3(1): 53-63.
- Gayatri, E.R.P, Amrul Bahar, Dewi Handayani, Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dan Two Syay Two Stray, Alotrop , 2017: 1(1):71-74.
- Viani,D.S, Amrul Bahar, Elvinawati, Perbandingan Hasil Belajar
- Siswa Meng-gunakan Media Chemopoly Game dan Tournament Question Cards, Alotrop, 2017:1(1):55-59.
- Subiantoro, A.W., Bahrudin Fatkurohman., Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran , Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2009: 14(2):111-114.
- Amalia, N.F., 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia., 2014:8(2):1380-1385.
- Alifa Noora Rahma, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpen-dekatan Sets Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan, Journal of Educational Research and Evaluation (JERE), 2012: 1(2):133-138.
- Wasitohadi, F.X. Sudarsono, Zamroni,, Evaluasi Implementasi Paradigma Baru Pendi- dikan Pasca Reformasi Pada Jenjang SD Di Kota Salatiga,, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2014:2(2):196-209.
- Sari. J, Amrul Bahar, Dewi Handayani. , Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Alotrop, 2017:1(1):60-65.
- Arikunto, Suharsini., 2010, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010 Cetakan 14) Jakarta : PT Rineka Cipta. ISBN 9789800000000
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2, Jakarta: Bumi Aksara,ISBN :978-602-217-257-4
- Fikri. , F.N., Mardiyana., Yemi Kuswardi., Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Facione Pada Materi Program Liniar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI MAN Purwodadi Tahun Ajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Mate-matika dan Matematika (JPMM) Solusi, 2017 : 1 (2): 20-36.
- Damanik, D.P., Nurdin Bukit, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI), Jurnal
- Pendidikan Fisika, 2013:2(1):16-24.
- Kurniasih, A.W., Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Jurnal Kreano, 2012: 3 (2) : 113-124.
- Ilaah, YF., Yonata, B., Katerampilan Ber-pikir Kritis Siswa SMA Kemala Bhayangkari Surabaya Pada Materi Laju Reaksi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri.., Jurnal Pendidikan Kimia. 2015: 1(1):78-79.
- Tambak, S., Metode Ceramah : Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Tarbiyah, 2014:21(2): 375-401.
- Sunaryo, Y., Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendid-kan dan Keguruan.2014: 1(2):42-43.
- Sucipto. Pengembangan Keterampilan Ber-pikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan., 2017:2(1):63-67.
- Hafid, A., Mengembang Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Teknik Problem Solving. Jurnal Iktiyar, 2007: 5(3):126-129.
Referensi
Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta, 2012:10(1):98-105
Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kuri-kulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017 :1(2):132-135.
Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Pening-katan Kualitas Pembelajaran Dan Pemba-ngunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012:10(2):156-159.
Yudi, A.A., Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP), Cerdas Sifa, 2012:1:1-8
Simanjuntak , N,D,P, Salastri Rohiat, Elvinawati., Hubungan Antara Sarana Laboratorium Terhadap Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu, Alotrop .2017:1(2):102-105.
Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat, Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Beng-kulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Ha-sil Belajar Kimia, Alotrop, 2017: 1(2): 113-116.
Yonanda, D.A., Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKN Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2M (Mind Mapping) Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang, Jurnal Cakrawala Pendas, 2017: 3(1): 53-63.
Gayatri, E.R.P, Amrul Bahar, Dewi Handayani, Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dan Two Syay Two Stray, Alotrop , 2017: 1(1):71-74.
Viani,D.S, Amrul Bahar, Elvinawati, Perbandingan Hasil Belajar
Siswa Meng-gunakan Media Chemopoly Game dan Tournament Question Cards, Alotrop, 2017:1(1):55-59.
Subiantoro, A.W., Bahrudin Fatkurohman., Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran , Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2009: 14(2):111-114.
Amalia, N.F., 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia., 2014:8(2):1380-1385.
Alifa Noora Rahma, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpen-dekatan Sets Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan, Journal of Educational Research and Evaluation (JERE), 2012: 1(2):133-138.
Wasitohadi, F.X. Sudarsono, Zamroni,, Evaluasi Implementasi Paradigma Baru Pendi- dikan Pasca Reformasi Pada Jenjang SD Di Kota Salatiga,, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2014:2(2):196-209.
Sari. J, Amrul Bahar, Dewi Handayani. , Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Alotrop, 2017:1(1):60-65.
Arikunto, Suharsini., 2010, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010 Cetakan 14) Jakarta : PT Rineka Cipta. ISBN 9789800000000
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2, Jakarta: Bumi Aksara,ISBN :978-602-217-257-4
Fikri. , F.N., Mardiyana., Yemi Kuswardi., Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Facione Pada Materi Program Liniar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI MAN Purwodadi Tahun Ajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Mate-matika dan Matematika (JPMM) Solusi, 2017 : 1 (2): 20-36.
Damanik, D.P., Nurdin Bukit, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI), Jurnal
Pendidikan Fisika, 2013:2(1):16-24.
Kurniasih, A.W., Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Jurnal Kreano, 2012: 3 (2) : 113-124.
Ilaah, YF., Yonata, B., Katerampilan Ber-pikir Kritis Siswa SMA Kemala Bhayangkari Surabaya Pada Materi Laju Reaksi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri.., Jurnal Pendidikan Kimia. 2015: 1(1):78-79.
Tambak, S., Metode Ceramah : Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Tarbiyah, 2014:21(2): 375-401.
Sunaryo, Y., Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendid-kan dan Keguruan.2014: 1(2):42-43.
Sucipto. Pengembangan Keterampilan Ber-pikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan., 2017:2(1):63-67.
Hafid, A., Mengembang Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Teknik Problem Solving. Jurnal Iktiyar, 2007: 5(3):126-129.