Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan pemahaman kesadaran masyarakat setempat terhadap pengembangan ekowisata potensi ekowisata mangrove agar mampu bersaing dengan kawasan wisata lainnya. Upaya promosi untuk menarik wisatawan relatif kurang, keterbatasan aktivitas dan fasilitas kegiatan wisata. Pengelolaan pariwisata yang terkoordinasi untuk mengelola usaha pariwisata untuk menunjang kebutuhan wisatawan selama berada di lokasi ekowisata akan menjadi lebih baik. Strategi pengelolaan merek; kegiatan promosi melalui jejaring sosial di ekowisata mangrove ini dapat menggunakan strategi kriteria context strategy, communication strategy, collaboration strategy dan connection strategy yang berdampak pada kegiatan sosial ekonomi dan lingkungan masyarakat lokal. Kegiatan ini melibatkan tim dosen dan mahasiswa dengan khalayak sasaran masyarakat di Kampung Sejahtera Kota Bengkulu.

Kata Kunci

ecotourism international tourism destination brand strategy management ekowisata daerah tujuan wisata internasional strategi manajemen merek

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, S. E., Kamaludin, K., Santi, F., Murni, T., & Kananlua, P. (2023). PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE MELALUI BRAND STRATEGY MANAGEMENT SEBAGAI TUJUAN PARIWISATA INTERNASIONAL POTENSI DI KAMPUNG SEJAHTERA KOTA BENGKULU: Ekowisata. Jurnal Abdimas Bhakti Mulia, 1(1). Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/bhaktimulia/article/view/31017

Referensi

  1. Anholt, S. (2003). Brand new justice: The upside of global branding (No. 20611). Butterworth-Heinemann.
  2. Aurelia, M., Kosmaryandi, N., & Amanah, S. (2020). Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat Kampung Urug, Sukajaya, Bogor. Media Konservasi, 25(1), 1-9.
  3. Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). eProceedings of Management, 3(2).
  4. Anholt, S. (2003). Brand New Justice. The Upside of Global Branding. London: Butterworth- Heinemann.
  5. Aurelia, M., Kosmaryandi, N., and Amanah, S. 2020. Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat Kampung Urug, Sukajaya, Bogor. Jurnal Media Konservasi. 25(1): 1-9. DOI: 10.29244/medkon.25.1.1-9.
  6. Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @INDTRAVEL. Jurnal Sosioteknologi, 15(3), 378-389
  7. Björk, P. (2000). Ecotourism from a conceptual perspective, an extended definition of a unique tourism form. International journal of tourism research, 2(3), 189-202.
  8. Boyd, S. W., & Butler, R. W. (1993). Review of the development of ecotourism with respect to identifying criteria for ecotourism for Northern Ontario. Report for Department of Natural Resources/Forestry, Ministry of Natural Resources. Sault Ste. Marie, Ontario, Canada.
  9. Chih-Chung, C., Chang, C., & Lin, L. W. C. (2012). The effect of advertisement frequency on the advertisement attitude controlled effects of brand image and spokesperson's credibility. Procedia-Social and behavioral sciences, 57, 352-359.
  10. Christy, Y. A., Setyati, W. A., & Pribadi, R. (2019). Kajian Valuasi Ekonomi Ekosistem Hutan Mangrove Di Desa Kaliwlingi Dan Desa Sawojajar, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Journal of Marine Research, 8(1), 94-106. DOI: 10.14710/jmr.v8i1.24334.
  11. Cooper, C. (2005). Tourism: Principles and practice. Pearson education.
  12. Diamantis, D. (1998). Environmental auditing: A tool in ecotourism development. Eco‐Management and Auditing, 5(1), 15-21.
  13. Diamantis, D. (1999). The concept of ecotourism: Evolution and trends. Current issues in Tourism, 2(2-3), 93-122.
  14. Dahuri, R., J Rais, S. P. Ginting dan M. J.Sitepu.2001.Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Pradnya Paramita, Jakarta.
  15. Dian Sari, Irawati. 2007. Peran Ekowisata Dalam Konsep Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Tesis. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
  16. Dwyer, L. (2015). Globalization of tourism: Drivers and outcomes. Tourism Recreation Research, 40(3), 326-339.
  17. Elvetta, O., & Suryabi, A. (2018). Analisa komunikasi pemasaran interaktif melalui instagram restoran madame chang dan hubungannya dengan respon konsumen. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2).
  18. Fandeli, C. (2000). Pengertian dan konsep dasar ekowisata. Yogyakarta, Fakultas Kehutanan UGM.
  19. Figgis, P. J. (1994). Fragile lands: The Australian experience-nature centered visitation. In Proceedings of the 1994 World Congress on Adventure Travel and Ecotourism (pp. 129-142).
  20. Flikkema, M., Castaldi, C., de Man, A. P., & Seip, M. (2019). Trademarks’ relatedness to product and service innovation: A branding strategy approach. Research Policy, 48(6), 1340-1353.
  21. Fahrian, H. H., Putro, S. P., & Muhammad, F. (2015). Potensi ekowisata di kawasan mangrove, Desa Mororejo, Kabupaten Kendal. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 7(2).
  22. Glaesser, D., Kester, J., Paulose, H., Alizadeh, A., & Valentin, B. (2017). Global travel patterns: an overview. Journal of travel medicine, 24(4), tax007.
  23. Holik, A. (2016). Relationship of economic growth with tourism sector. JEJAK, 9(1), 16-33.
  24. Higham, J., & Miller, G. (2018). Transforming societies and transforming tourism: Sustainable tourism in times of change. Journal of Sustainable Tourism, 26(1), 1-8.
  25. I.G. Pavlenko, E.U. Osmanova, Probl. of mod. econ., 4 (60), 209 (2016)
  26. Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.
  27. Jones, P., Hillier, D., & Comfort, D. (2017). The sustainable development goals and the tourism and hospitality industry. Athens Journal of Tourism, 4(1), 7-18.
  28. Jauch, L. R., & Glueck, W. F. (1988). Strategic management and business policy. McGraw-Hill.
  29. Kyskov, A. S., Ivanov, A. V., Yashkov, I. A., & Shurikin, P. S. (2011). Tourism resource studies. Moskow: University book [in Russian].
  30. Kurniawati, W. D. N. (2017). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 127-143.
  31. Kruzhalin, V. I., & Shabalina, N. V. (2014). Geografiya turizma [Geography of tourism]: A textbook. Moscow: Federal Agency for Tourism.
  32. Liu, J., Hull, V., Luo, J., Yang, W., Liu, W., Viña, A., ... & Zhang, H. (2015). Multiple telecouplings and their complex interrelationships. Ecology and Society, 20(3).
  33. Masyhudi, L. (2018). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Lokal di Teluk Seriwe Lombok Timur. Media Bina Ilmiah, 13(2), 913.
  34. The Ministry of Culture and Tourism (2003)
  35. Medlik, S. (2012). Dictionary of travel, tourism, and hospitality. Routledge.
  36. McFarland, L. A., & Ployhart, R. E. (2015). Social media: A contextual framework to guide research and practice. Journal of Applied Psychology, 100(6), 1653.
  37. Nugroho, I., Negara, P. D., & Yuniar, H. R. (2018). The planning and the development of the ecotourism and tourism village in Indonesia: a policy review. Journal of Socioeconomics and Development, 1(1), 43-51.
  38. N.V. Svyatokho, Econ. and Manag., 2, 30 (2007).
  39. Ryel, R., & Grasse, T. (1999). Marketing Tourism: Attracting the Elusive Ecotourist. Di dalam: Whelan T (editor). Nature Tourism: Managing for the Environment.
  40. Sururi, A. (2019). Inovasi Kebijakan Partisipasi Publik Dalam Pengelolaan Dan Pengembangan Pariwisata (Studi Pada Kawasan Ekowisata Situterate Desa Situterate Kecamatan Cikande Kabupaten Serang). Jurnal Administrative Reform, 6(3), 110-121.
  41. Subadra, 2008. Ekowisata Hutan Mangrove Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan.Sumatera: Universitas Sumatera Utara.
  42. Satria, D. (2009). Strategi pengembangan ekowisata berbasis ekonomi lokal dalam rangka program pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1).
  43. Spillane, J. J. (1994). Pariwisata Indonesia: siasat ekonomi dan rekayasa kebudayaan (Vol. 5). Kanisius.
  44. Stewart, W. P., & Sekartjakrarini, S. (1994). Disentangling ecotourism. Annals of Tourism Research, 21(4), 840-842.
  45. Sereikiene, J., & Marcinkeviciute, J. (2014). Positioning & Branding Strategies. Lithuania: SMK University of Applied Social Sciences.
  46. Song, H., & Li, G. (2008). Tourism demand modelling and forecasting—A review of recent research. Tourism management, 29(2), 203-220.
  47. Scheyvens, R. (2018). Linking tourism to the sustainable development goals: A geographical perspective. Tourism Geographies, 20(2), 341-342.
  48. Stanton, W. J., Etzel, M. J., & Walker, B. J. (1991). Marketing Perspectives from Business Week to Accompany" Fundamentals of Marketing". McGraw-Hill.
  49. Syaukani. 2003. Pesona Pariwisata Indonesia. Jakarta. Nuansa Madan
  50. Van der Zee, E., & Vanneste, D. (2015). Tourism networks unravelled; a review of the literature on networks in tourism management studies. Tourism Management Perspectives, 15, 46-56.
  51. Western, D. (1993). Defining ecotourism. Defining ecotourism., 7-11.
  52. Weaver, D. (2002), Ecotourism as a Tool for Development in Peripheral Regions. Presented for the 4th International Environmental Congress of Andorra: 'Eco-tourism in Mountain Areas, July 17, 2002.
  53. World Travel and Tourism Council. 2018. “Travel and Tourism Economic Impact 2018-World.
  54. Wicaksono, M. A., & Rumyeni, R. (2017). Pengaruh media sosial instagram@ wisatadakwahokura terhadap minat berkunjung followers (Doctoral dissertation, Riau University).