Enhancing Public Service through the Implementation of a Web-Based Information Management System

(Sawah Lebar Baru Subdistrict, Bengkulu City, Bengkulu Province)

Authors

  • Nurul Renaningtias Universitas Bengkulu
  • Arie Vatresia
  • Tiara Eka Putri
  • Kurnia Anggriani
  • Teguh Nata Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.33369/dk.v2i1.41929

Keywords:

Sistem Informasi, Manajemen Data Kependudukan, Pelayanan Publik, Website

Abstract

Permasalahan pengelolaan data kependudukan di Kelurahan Sawah Lebar Baru Kota Bengkulu masih dilakukan secara manual sehingga menyebabkan seringnya terjadi kesalahan dan keterlambatan dalam pelaporan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun sistem infomasi manajemen data kependudukan berbasis web yang dapat memfasilitasi pencatatan, pemutakhiran dan pelaporan data warga secara digital dan terstrukutur. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi identifikasi kebutuhan, pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, implementasi sistem serta sosialiasai dan pendampingan secara berkelanjutan. Hasil implementasi sistem dengan pengujian blackbox testing menunjukkan bahwa seluruh fungsionalitas sistem berhasil untuk dijalankan. Berdasarkan hasil pre-test kegiatan pengabdian ini terjadi peningkatan dalam pemahaman konsep sistem, kemampuan operasional sistem, akurasi input data, dan efektivitas penggunaan fitur dengan rata-rata nilai 91,76. Kegiatan pengabdian ini tidak hanya meningkatkan literasi digital tetapi juga memperkuat partisipasi aktif warga dalam mendukung tata kelola administrasi berbasis teknologi informasi.

Downloads

Published

31-05-2025

How to Cite

Renaningtias, N., Vatresia, A., Putri, T. E., Anggriani, K., & Nata Kusuma, T. (2025). Enhancing Public Service through the Implementation of a Web-Based Information Management System: (Sawah Lebar Baru Subdistrict, Bengkulu City, Bengkulu Province). Dharmakayana, 2(1), 45–49. https://doi.org/10.33369/dk.v2i1.41929