Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fluida Statis dengan Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tipe rancangan level 1 yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah 2) studi literatur dan pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi desain 5) desain teruji. Validasi desain dilakukan oleh 2 judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek kelayakan isi, penggunaan bahasa, penyajian dan kegrafisan. Berdasarkan hasil uji validitas aspek kelayakan isi 87,5% dengan kategori sangat baik, aspek penggunaan bahasa didapatkan hasil persentase sebesar 83,4% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian sebesar 89,1% dengan kategori sangat baik dan aspek kegrafisan sebesar 93,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD fluida statis dengan scientific approach untuk meningkatkan Keterampilan berpikir kritis siswa SMAN kota Bengkulu yang dikembangkan sudah valid dan merupakan desain teruji dengan persentase total uji validitas yaitu 88,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: LKPD, scientific approach, keterampilan Berpikir Kritis.
ABSTRACT
This research was aimed to made the static fluid of student worksheet with the scientific approach to increase the critical thinking skill of the public high school student in Bengkulu. The research type was the Research and Development type that was the designed type was level 1 divided into five steps that is 1) a potency and problem, 2) literature study and information collecting, 3) a product design, 4) a design validation, 5) a design proved. The design validation was conducted by two judgments and two practitioners to test a product that developed both content appropriateness, the use of language, presentation, and graphics. Based on the result of the validation test, the content appropriateness aspect got 87,5% (very well), the presentation aspect got 89,1% (very well), the graphic aspect got 93,8% (very well). Based on that result, it could be concluded that the static fluid of student worksheets with the scientific approach to increasing the critical thinking skill of the public high school student in Bengkulu that developed has valid and proved with the total percentage test got 88,5% (very well).
Keyword: The static fluid of student worksheet, scientific approach, critical thinking skill.
Rincian Artikel
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Penulisan Kreatif
- Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.
- Fitriah, U. N., & Ismono. (2017). LKPD Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Unesa Journal of Chemical Education, 6(2), 238–242.
- Haerullah, A., Hasan, S., & Yusuf, M. (2019). Perangkat Pembelajaran IPA Berpola PBMP Dipadu Scientific Approch Terintegrasi Nilai Islami Untuk Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa Sekolah/Madrasah Multietnis. EDUKASI - Jurnal Pendidikan, 17(2), 85–100.
- Khasanah, S. M., & Supardi, I. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 08(03), 799–803.
- Lestari, E. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI. Universitas Islam Negeri Raen Intan.
- Liani, E., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMAN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1, 20–24.
- Mahmudah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja. Universitas Lampung.
- Mayasari, H., Syamsurizal, & Maison. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Edu-Sains, 3(2), 30–36.
- Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Analisis Teori Respon Butir. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 45–50.
- Rangsing, B., & Handayani, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) Pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak Pada Benda). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 243–247.
- Rizal, M. (2018). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas IV SD. Universitas Lampung.
- Sakti, I. (2019). Implementasi Model Perangkat Pembelajaran Berorientasi Hots (High Order Thinking Skills) Dan Pendidikan Karakter Melalui PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8(3), 389–400.
- Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Basic Education, 01(02), 34–46.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development/ R & D). Bandung: ALFABETA.
- Sulardi, Nur, M., & Widodo, W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 802–810.
- Umbaryati. (2013). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. 217–225.
Referensi
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Penulisan Kreatif
Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.
Fitriah, U. N., & Ismono. (2017). LKPD Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Unesa Journal of Chemical Education, 6(2), 238–242.
Haerullah, A., Hasan, S., & Yusuf, M. (2019). Perangkat Pembelajaran IPA Berpola PBMP Dipadu Scientific Approch Terintegrasi Nilai Islami Untuk Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa Sekolah/Madrasah Multietnis. EDUKASI - Jurnal Pendidikan, 17(2), 85–100.
Khasanah, S. M., & Supardi, I. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 08(03), 799–803.
Lestari, E. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI. Universitas Islam Negeri Raen Intan.
Liani, E., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMAN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1, 20–24.
Mahmudah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja. Universitas Lampung.
Mayasari, H., Syamsurizal, & Maison. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Edu-Sains, 3(2), 30–36.
Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Analisis Teori Respon Butir. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 45–50.
Rangsing, B., & Handayani, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) Pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak Pada Benda). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 243–247.
Rizal, M. (2018). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas IV SD. Universitas Lampung.
Sakti, I. (2019). Implementasi Model Perangkat Pembelajaran Berorientasi Hots (High Order Thinking Skills) Dan Pendidikan Karakter Melalui PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8(3), 389–400.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Basic Education, 01(02), 34–46.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development/ R & D). Bandung: ALFABETA.
Sulardi, Nur, M., & Widodo, W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 802–810.
Umbaryati. (2013). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. 217–225.