Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, karakteristik dan keterbacaan LKPD fisika berbasis science technology engineering and math pada materi fluida dinamis untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis dokumen LKPD dan studi literatur. Tahap design terdiri dari rancangan LKPD dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi LKPD. Tahap develop terdiri dari pengembangan instrumen untuk mengevaluasi LKPD, validasi ahli dan revisi berdasarkan validasi ahli. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas XI SMAN 1, 2 dan 4 Kepahiang. Berdasarkan hasil uji validasi untuk menguji kelayakan terhadap LKPD yang dihasilkan diperoleh skor pada aspek penyajian sebesar 90% dengan kategori sangat layak, pada aspek kelayakan isi diperoleh skor sebesar 79% dengan kategori layak dan pada aspek kebahasaan diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak, sehingga nilai rata-rata keseluruhan 87% dalam kategori sangat layak. Karakteristik LKPD antara lain: kegiatan praktikum berbasis tahapan science technology engineering and math, jawaban atau penyelesaian soal dan kegiatan praktikum melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Persepsi guru terhadap LKPD yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan presentase nilai rata-rata 88% dan persepsi peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan presentase nilai rata-rata 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memiliki kelayakan untuk uji coba lapangan.

 

Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, LKPD, science technology engineering and math, keterampilan berpikir kreatif

 

ABSTRACT

 

This research is a research and development (R&D) that aims to describe the feasibility, characteristics and legibility of physics worksheets based on science technology engineering and math on dynamic fluid materials to train students' creative thinking skills. The development model used in this study is a 4D development model, namely define, design, develop and disseminate but only carried out until the develop stage. The define stage consists of needs analysis, LKPD document analysis and literature study. The design phase consists of the LKPD design and the instrument design to evaluate the LKPD. The develop stage consists of developing instruments to evaluate LKPD, expert validation and revision based on expert validation. The research subjects were teachers and students of class XI SMAN 1, 2 and 4 Kepahiang. Based on the results of the validation test to test the feasibility of the resulting LKPD, a score on the presentation aspect was obtained by 90% with a very decent category, in the content feasibility aspect a score of 79% was obtained with a decent category and in the linguistic aspect a score of 92% was obtained with a very decent category, so that the overall average score of 87% is in the very decent category. The characteristics of the LKPD include: practical activities based on the stages of science technology engineering and math, answers or problem solving and practical activities to train students' creative thinking skills. The teacher's perception of the developed LKPD is in the very good category with an average score percentage of 88% and the students' perception of the developed LKPD is in the very good category with an average score percentage of 80%. Based on the results of the study, it can be concluded that the LKPD that has been developed has the feasibility for field trials.

 

Keywords: Research and development, LKPD, science technology engineering and math, creative thinking skills

Keywords

Penelitian dan pengembangan LKPD science technology engineering and math keterampilan berpikir kreatif

Article Details

How to Cite
Tamara, A., Setiawan, I., & Sutarno, S. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.54-61

References

  1. Aldila, C., Abdurrahman, A., & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 138491.
  2. Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta. Diva Press.
  3. Asmaranti, W., Sasmita, P. G., & Wisniarti. (2018). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 639–646.
  4. Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, IV, 49–54.
  5. Irfana, S., & Yulianti, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 83–89. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29517
  6. Lestari, D., Testiana, G., & Agustiani, R. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 79–92. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.3766
  7. Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/142
  8. Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning di Kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.273
  9. Prodi Pendidikan Fisika UNM, A., & DgTata Jurusan Fisika, J. (2015). Pengembangan Lkpd Fisika Tingkat Sma Berbasis Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 113–118. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/
  10. Sudaryono D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenadamedia Group.
  11. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kombinasi. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
  12. Torlakson, T. (2014). Innovate A blueprint for STEM in California public education. May, 7.
  13. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
  14. Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EduFisika, 01(02), 9–20.
  15. Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585
  16. Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis