Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Sungai Penuh yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak, yaitu siswa kelas VIII A yang terdiri atas 35 siswa. Data dianalisis dengan menggunaan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Mindmapping dengan taraf selisih rata-rata pretest dan posttest adalah 14,00. Berdasarkan Hasil uji wilcoxon diketahui bahwa nilai signifikasi 0,00 < 0,05 yang mengindikasikan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

 

The study was conducted to determine the effect of the Mind Mapping learning model on the learning outcomes of eighth-grade students. This study was an experiment by Pre Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The population was all grade eight students of SMPN 8 Sungai Penuh. The sample was determined using the randomized sample technique, which samples were class VIII-A. Data were analyzed using the Wilcoxon test. The results showed that there was a difference in the average student learning outcomes before and after using the mind mapping learning model with the average difference between pretest and posttest was 14.00. Based on the Wilcoxon test results, it is known that the significance value is 0.00 < 0.05, which indicates that the Mind Mapping learning model affects student learning outcomes.

 

Keywords : Learning Model, Mind Mapping, Learning outcomes

Keywords

Model pembelajaran mind mapping hasil belajar

Article Details

How to Cite
Adelia, I., Tiara, T., & Husmarlina, H. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MINDMAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS VIII SMPN 8 SUNGAI PENUH. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(2), 49–52. https://doi.org/10.33369/diksains.1.2.49-52

References

  1. Aprilanti, H., Qurbaniah, M., & Muldayanti, N. D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Eksresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Biologi Education , 3 (2), 63-77.
  2. Cahyaningtyas, R. A. (2017). Pengembangan Media Interaktif Pada Materi Sistem Eksresi Untuk SMP Kelas VIII. Jounal Pensa , 05 (03), 209-216.
  3. Jumiati, Sari, M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together(NHT) Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura , II (2), 161-185.
  4. Nasliah, R., Harahap, R. D., & Hasibuan, E. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Respirasi Di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Jurnal Biolokus , II (2), 180-185.
  5. Rahmayani, Sinambela, M., & Rosida. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Eksresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidian , 5 (2), 55-65.
  6. Retnowati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Regulasi Di Kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor. Educate , III (1), 1-19.
  7. Sari, E. n. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di Smapada Materi Sel Di SMA. Universitas Negeri Semarang, Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  8. Sayekti, E., Suwono, H., & Sueb. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2 (4), 550-555.
  9. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendidikan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  10. Swadarma, D. ( 2013). Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputido.
  11. Wilson, K., Copeland-Solas, E., & Guthrie-Dixon, N. (2016). A Preliminary Study on the use of Mind Mapping as a VisualLearning Strategy in General Education Science classes for Arabic speakers in the United Arab Emirates. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning , XVI (1), 31-52.
  12. Windura, S. (2013). Ist Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  13. Yamin, M. R. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Pinrang. Jurnal Biology Teaching and Learning , II (1), 62-72.