Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kebutuhan dari pengembangan paket pembelajaran berorientasi pendekatan kontekstual pada materi gelombang terintegrasi mitigasi gempa bumi untuk membekalkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Pada penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap define. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa  angket  analisis  kebutuhan  guru  dan  siswa  di  SMAN  Kota  Bengkulu.  Berdasarkan  hasil penelitian   yang   dilakukan   dapat   disimpulkan   bahwa   dibutuhkannya   pengembangan   paket pembelajaran berorientasi pendekatan kontekstual pada materi gelombang terintegrasi mitigasi gempa bumi untuk membekalkan penguasaan konsep siswa. Hal ini di dasarkan data yang diperoleh berupa 97,7% siswa menjawab “iya” yang termasuk kategori sangat setuju dan 100% guru menjawab “iya” yang termasuk kategori sangat setuju.

 

Kata kunci : Paket pembelajaran, pendekatan kontekstual, penguasaan konsep

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe the needs analysis of the development of contextual approach-oriented learning packages on integrated wave material for earthquake mitigation to provide students with mastery of concepts. This study uses the Research and Development (R&D) method with reference to the modified 4D model into 3D. In this research, the researcher limits it only to the define stage. The instrument used in this study was a questionnaire to analyze the needs of teachers and students at SMAN Bengkulu City. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that it is necessary to develop a contextual approach-oriented learning package on integrated wave material for earthquake mitigation to provide students with mastery of concepts. This is based on the data obtained in the form of 97.7% of students answered "yes" which is included in the category of strongly agree and 100% of teachers answered "yes" which belongs to the category of strongly agree.

 

Keywords: learning package, contextual approach, concept mastery

Keywords

Paket pembelajaran pendekatan kontekstual penguasaan konsep

Article Details

How to Cite
Larasati, C., Johan, H., & Purwanto, A. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI GELOMBANG TERINTEGRASI MITIGASI GEMPA BUMI UNTUK MEMBEKALKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.33369/diksains.1.2.61-68

References

  1. BNPB. (2015). Indeks Risiko Bencana. In BNPB. Diambil dari http://inarisk.bnpb.go.id/irbi
  2. Ningtyas, D. P. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Anak Usia Dini. 1(2), 172–187.
  3. Pirnades, L. (2020). Analisis Potensi Bencana Likuifaksi Terintegrasi Pada Paket Pembelajaran Gelombang Berbasis Digital Untuk Siswa SMA di Kepahiang.
  4. Rezeki, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. 3, 29–34.
  5. Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (Vol. 2008). Diambil dari http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan-wina-sanjaya-34179.html
  6. Supriani, F. (2009). Studi Mitigasi Gempa di Bengkulu Dengan Membangun Rumah Tahan Gempa. Jurnal Teknik Sipil Inersia, 1(1), 7–16.
  7. Utama, T. A., Delfina, R., & Saleha, N. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Lempuing Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jvk.v2i1.9122
  8. Winarni., Suparmi., & S. (2012). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.