Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kebutuhan dari pengembangan paket pembelajaran berorientasi pendekatan kontekstual pada materi gelombang terintegrasi mitigasi gempa bumi untuk membekalkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Pada penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap define. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket analisis kebutuhan guru dan siswa di SMAN Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dibutuhkannya pengembangan paket pembelajaran berorientasi pendekatan kontekstual pada materi gelombang terintegrasi mitigasi gempa bumi untuk membekalkan penguasaan konsep siswa. Hal ini di dasarkan data yang diperoleh berupa 97,7% siswa menjawab “iya” yang termasuk kategori sangat setuju dan 100% guru menjawab “iya” yang termasuk kategori sangat setuju.
Kata kunci : Paket pembelajaran, pendekatan kontekstual, penguasaan konsep
ABSTRACT
This study aims to describe the needs analysis of the development of contextual approach-oriented learning packages on integrated wave material for earthquake mitigation to provide students with mastery of concepts. This study uses the Research and Development (R&D) method with reference to the modified 4D model into 3D. In this research, the researcher limits it only to the define stage. The instrument used in this study was a questionnaire to analyze the needs of teachers and students at SMAN Bengkulu City. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that it is necessary to develop a contextual approach-oriented learning package on integrated wave material for earthquake mitigation to provide students with mastery of concepts. This is based on the data obtained in the form of 97.7% of students answered "yes" which is included in the category of strongly agree and 100% of teachers answered "yes" which belongs to the category of strongly agree.
Keywords: learning package, contextual approach, concept mastery
Keywords
Article Details
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- BNPB. (2015). Indeks Risiko Bencana. In BNPB. Diambil dari http://inarisk.bnpb.go.id/irbi
- Ningtyas, D. P. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Anak Usia Dini. 1(2), 172–187.
- Pirnades, L. (2020). Analisis Potensi Bencana Likuifaksi Terintegrasi Pada Paket Pembelajaran Gelombang Berbasis Digital Untuk Siswa SMA di Kepahiang.
- Rezeki, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. 3, 29–34.
- Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (Vol. 2008). Diambil dari http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan-wina-sanjaya-34179.html
- Supriani, F. (2009). Studi Mitigasi Gempa di Bengkulu Dengan Membangun Rumah Tahan Gempa. Jurnal Teknik Sipil Inersia, 1(1), 7–16.
- Utama, T. A., Delfina, R., & Saleha, N. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Lempuing Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jvk.v2i1.9122
- Winarni., Suparmi., & S. (2012). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.
References
BNPB. (2015). Indeks Risiko Bencana. In BNPB. Diambil dari http://inarisk.bnpb.go.id/irbi
Ningtyas, D. P. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Anak Usia Dini. 1(2), 172–187.
Pirnades, L. (2020). Analisis Potensi Bencana Likuifaksi Terintegrasi Pada Paket Pembelajaran Gelombang Berbasis Digital Untuk Siswa SMA di Kepahiang.
Rezeki, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. 3, 29–34.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (Vol. 2008). Diambil dari http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan-wina-sanjaya-34179.html
Supriani, F. (2009). Studi Mitigasi Gempa di Bengkulu Dengan Membangun Rumah Tahan Gempa. Jurnal Teknik Sipil Inersia, 1(1), 7–16.
Utama, T. A., Delfina, R., & Saleha, N. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Lempuing Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jvk.v2i1.9122
Winarni., Suparmi., & S. (2012). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.