Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul berorientasi Model Curious Note Program untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dilakukan terbatas pada tahap 3D, yaitu define, design, dan development. Tahap define terdiri atas kegiatan merancang instrumen untuk tahap define,  analisis  RPP, review dokumen modul yang digunakan di sekolah dan analisis kebutuhan pengembangan. Tahap  design  terdiri  atas rancangan e-modul dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul. Tahap development terdiri atas validasi ahli dan uji keterbacaan. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase skor keseluruhan sebesar 93,48% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk, diperoleh persentase skor keseluruhan sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan oleh ahli dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan “sangat layak” untuk dilanjutkan pada uji coba lapangan.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, Curious Note Program,  Keterampilan Berpikir Kritis, Flip PDF Profesional

ABSTRACT

research is a research and development (R&D) that aims to produce an e-module product oriented to the Curious Note Program model to train students' critical thinking skills on wave material. The development model used in this study is a 4D development model which is limited to the 3D stage, namely define, design, and development. The define stage consists of designing instruments for the define stage, analyzing lesson plans, reviewing module documents used in schools and analyzing development needs. The design stage consists of designing e-modules and designing instruments to evaluate e-modules. The development stage consists of expert validation and readability testing.  Based on the results of expert validation, the percentage of an overall average score of 93,48% with a very feasible category. Based on the results of the product readability test, it was found that the average score percentage the percentage of an overall average score of 92% with a very feasible category Based on the results of the validation and legibility tests that have been carried out by the experts, it can be concluded that the e-modules that has been developed is "very feasible" to be used.

 

Keywords: Research and Development, E-modules, Curious Note Program,  Critical Thinking Skills, Flip PDF Profesional

Article Details

How to Cite
Kartika, A. C., Sutarno, S., & Purwanto, A. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI MODEL CURIOUS NOTE PROGRAM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.62-73

References

  1. Ansori, M. I. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 35-46.
  2. Dinan, N. A. (2017). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 6, 410-418.
  3. Fitria Sulvi Ulandari, S. W. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMAN BALUNG. Jurnal Pembelajaran Fisika, 15-21.
  4. Hartati, R. H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 505-508.
  5. Mayanty, S. I. (2018). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 1-13.
  6. Park, J. Y. (2009). Development and Application of Curious Note Program Teaching-Learning Model (CNP Model) for Enhancing the Creativity of Scientifically Gifted Students. In & A.-L. T. KIM, Mijung., SungWon HWANG. (Ed.). International Science Education Conference (pp. 1512–1540). Singapura: National Institute of Education.
  7. Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah Vol 4 No.1 Juni 2012.
  8. Sari, E. A. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Computer Based Laboratory (CBL) Pada Kegiatan Praktikum Mekanika dan Gelombang Fisika SMA. Radiasi Volume 9, 37-41.
  9. Seruni, R. S. (2019). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BIOKIMIA PADA MATERI METABOLISME LIPID MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL. Jurnal Tadris Kimiya, 48-56.
  10. Solihudin, T. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 51-61.
  11. Sri Hayati, A. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 49-54.
  12. Sriwahyuni, I. E. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 145-152.
  13. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  14. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  15. Totok, d. (2009). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server.
  16. Ulum, B. R. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA WIDYA DARMA SURABAYA. UNESA Journal of Chemical Education, 156-162.
  17. Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26 (2), 190.
  18. Widya Nessa, y. H. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi jarak pada ruang dimensi tiga berbasis science,technology, engineering, and mathematics (STEM) problem based learning di kelas x. jurnal elemen, 3.