Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk, mengetahui kelayakan dan karakteristik e-modul fisika berorientasi model ARCS pada konsep elastisitas dan hukum Hooke untuk siswa SMA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang dibatasai sampai tahap 3D yaitu define, design, dan develop. E-modul dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dengan bantuan aplikasi Flip PDF Professional. Dengan adanya E-modul ini diharapkan dapat mendorong motivasi dan pemahaman konsep siswa khususnya pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Tahap define terdiri dari merancangan instrumen untuk define, analisis dokumen RPP, analisis dokumen modul dan analisis kebutuhan pengembangan. Tahap design terdiri dari rancangan e-modul dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul. Tahap develop terdiri dari validasi ahli dan uji keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase skor  keseluruhan sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk, diperoleh persentase skor keseluruhan sebesar 90,7% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan untuk digunakan pada uji coba lapangan.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, ARCS, Elastisitas dan Hukum Hooke, Flip PDF Professional

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research and development is to produce a product, to determine the feasibility and characteristics of the ARCS model-oriented physics e-module on the concept of elasticity and Hooke's law for high school students. This research and development uses a 4D development model which is limited to the 3D stage, namely define, design, and develop. E-modules can be used independently by students with the help of the Flip PDF Professional application. With this E-module, it is hoped that it will encourage students' motivation and understanding of concepts, especially on elasticity and Hooke's law. The define stage consists of designing instruments to define, analyzing RPP documents, analyzing module documents and analyzing development needs. The design stage consists of the e-module design and the instrument design to evaluate the e-module. The develop stage consists of expert validation and product readability testing. Based on the results of expert validation, the overall score percentage was 92.5% with a very decent category. Based on the results of the product readability test, the overall score percentage was 90,7% with a very decent category. Based on the results of the validation and readability tests that have been carried out, it can be concluded that the e-module developed is "very feasible" to be continued for use in field trials.

 

Keywords: Research and Development, E-module, ARCS, Elasticity and Hooke's Law, Flip PDF Professional

Keywords

Penelitian dan Pengembangan E-modul ARCS Elastisitas dan Hukum Hooke Flip PDF Professional

Article Details

How to Cite
Panoreka, D., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERORIENTASI MODEL ARCS PADA KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK SISWA SMA. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 74–83. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.74-83

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penulisan Modul. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Fadilah, R. N., Yahya, F., & Rahman, A. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berorientasi Pada Model Motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction) Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Siswa Kelas X SMA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa, 366–376.
  3. Feniareny. (2018). Perkuliahan Bermodel Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) Menumbuhkan Motivasi Belajar Calon Guru SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2(2), 1–11.
  4. Hanggara, Y., & Zendato, I. J. (2017). Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMK. 6(April), 11–21.
  5. Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. 1(1), 7–24.
  6. Keller, M. J. (1987). Development and Use of the ARCS Model of Motivational Design. Jurnal of Instructional Development, 10 (3): 2-10.
  7. Mustaqim, I. S. P. ., & Kurniawan, N. M. . (2017). Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, 36–48.
  8. Nugraheni, S. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan Hukum Newton. 5, 48–54.
  9. Rusyan, T. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. CV. Remaja Rosda Karya.
  10. Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Sekolah Menengah Atas THE Analisys Of Student Learning Motivation On Physics Learn- Ing In Senior Secondary School. 3, 17–32.
  11. Totok, I. E. &. (2009). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA.
  12. Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. 124–129.
  13. Winaya, I. M. A., Lasmawan, W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model ARCS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Chis Denpasar. 3.