Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem gerak pada manusia yang tervalidasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli materi dan media angket persepsi siswa yang diberikan kepada 25 siswa kelas 8 di SMP 7 Kota Bengkulu. Teknik analisis validasi yang digunakan adalah formula Aiken V. Hasil validasi ahli materi, media dan praktisi menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis android dinyatakan valid menurut para ahli dengan masing-masing skor 0,88 oleh ahli materi, 0,94 oleh ahli media dan 1,00 oleh praktisi. Respon siswa terhadap media pembelajaran aplikasi diperoleh persentase sebesar 84,48 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi sistem gerak pada manusia yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapatkan tanggapan positif dari siswa kelas 8.
Kata Kunci: Media pembelajaran; SAC; sistem gerak.
ABSTRACT
This study aims to produce android-based learning media on motion system materials in humans which is validated. This type of research is a research and development with a Borg and Gall development model. The instrument used in this study was in the form of a validation questionnaire for material and media experts. student perception questionnaire given to 25 grade 8 students at SMP 7 Bengkulu City. The validation analysis technique used is the Aiken V formula. The validation results of material experts, media and practitioners stated that android-based learning media were declared valid according to experts with scores of 0.88 by material experts, 0.94 by media experts and 1.00 by practitioners, respectively. Student responses to application learning media obtained a percentage of 84.48 with superior categories. Conclusions from the research of android-based learning media on motion system materials in humans the developed one is worth using in the learning process and getting positive responses from 8th graders.
Keywords: Learning media;SAC; motion system.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Sidiq Umar Dani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator ( SAC ) Untuk Mengajarkan Global Warming. 72–80.
- Fitriani, Y., Ruyani, A., & Karyadi, B. (2018). Pemahaman Siswa SMA Tentang Keanekaragaman Genetik Berdasarkan Eksperimen Dna Mitokondria Cuora amboinensis Sumatera. 2(2), 153–157.
- Haryati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kompetensi Pada Praktikum Pemrograman Web di SMK.
- Nuroifah, N., & Bachri, B. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. 1–10.
- Pamungkas, E. M. (2021). Pengembagan media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantuan smart apps creator pada materi metabolisme kelas XII.
- Purwanto, A., Lubis, I. S., & Putri, D. H. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Scaffolding Pada Materi Listrik Statis Di SMAN 10 Seluma. Abdi Pendidikan Pelatihan, 02(2), 111–116.
- Rendi, Purwanto, A., & Setiawan, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Materi Radioaktivitas Di Sma Kabupaten Seluma. 1, 1–8.
- Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. ALFABETA.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, Dan R&D.
- Utami, M. Z., Setiawan, I., & Risdianto, E. (2022). Persepsi Peserta Didik Terhadap Keterbacaan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik. 2.
- Widayat, W., Kasmui, & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. 3(2), 535–541.
References
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator ( SAC ) Untuk Mengajarkan Global Warming. 72–80.
Fitriani, Y., Ruyani, A., & Karyadi, B. (2018). Pemahaman Siswa SMA Tentang Keanekaragaman Genetik Berdasarkan Eksperimen Dna Mitokondria Cuora amboinensis Sumatera. 2(2), 153–157.
Haryati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kompetensi Pada Praktikum Pemrograman Web di SMK.
Nuroifah, N., & Bachri, B. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. 1–10.
Pamungkas, E. M. (2021). Pengembagan media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantuan smart apps creator pada materi metabolisme kelas XII.
Purwanto, A., Lubis, I. S., & Putri, D. H. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Scaffolding Pada Materi Listrik Statis Di SMAN 10 Seluma. Abdi Pendidikan Pelatihan, 02(2), 111–116.
Rendi, Purwanto, A., & Setiawan, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Materi Radioaktivitas Di Sma Kabupaten Seluma. 1, 1–8.
Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. ALFABETA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Utami, M. Z., Setiawan, I., & Risdianto, E. (2022). Persepsi Peserta Didik Terhadap Keterbacaan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik. 2.
Widayat, W., Kasmui, & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. 3(2), 535–541.