Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-komik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Pencernaan Manusia yang tervalidasi oleh para ahli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Bahan ajar e-komik diuji kelayakan oleh dua validator ahli materi, dua validator media dan dua ahli praktis (Guru). Instrumen yang digunakan dalam  penelitian adalah lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket validasi dan angket respon peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktis termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik pada aspek materi, tampulan dan bahasa termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil kelayakan dan uji respon dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-komik telah layak secara konseptual dan bahan ajar e-komik mendapatkan respon  positif oleh sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP.


 


Kata Kunci: CTL, e-komik, pencernaan


 


ABSTRACT


 


This study aims to produce Contextual Teaching and Learning (CTL) based e-comic teaching materials on human digestive system material validated by experts. This type of research is Research and Development (R&D) with a 4D development model. The e-comic teaching materials are tested for feasibility by three material expert validators, two media validators and two practical experts. The instruments used in the study were interview sheets, questionnaires on the needs of students and questionnaires of student responses. Validation results by material experts, media experts and practical experts fall into the category of very valid. The results of students' responses to aspects of material, tampulan and language are included in the excellent category. Based on the results of the feasibility and response test, it can be concluded that the e-comic teaching materials are conceptually feasible and the e-comic teaching materials have received a positive response by most of the students of class VIII junior high school.


 


Keywords : CTL, disgetion, e-comic

Keywords

CTL e-komik pencernaan

Article Details

How to Cite
Puyanti, P., Karyadi, B., Nirwana, N., Sakti, I., & Parlindungan, D. (2023). PENGEMBANGAN E-KOMIK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/diksains.4.1.1-7

References

  1. Lestari, Wahyuni, & Yushardi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komik Pada Pokok Bahasan Gerak Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(5), 564–572.
  2. Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
  3. Nuraeni, M. I., & Habibi, M. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMP/MT’s Kelas VIII. Experiment: Journal of Science Education, 1(1), 35–43. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment/article/view/11116%0Ahttp://creativecommons.org/licenses/by/4.0/%0Ahttp://dx.doi.org/
  4. Prasetyo, E. B., & Cahyaka, H. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atap di Kelas XII-TGB 2 SMK Negeri Kudu. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 161–167.
  5. Raneza, F., & Widowati, H. (2020). Analisis Urgensi Pengembangan Komik Digital Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman. Biolova, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.24127/biolova.v1i1.28
  6. Retnawati, H. (2016). Heri Retnawati 9 786021 547984.
  7. Struktur, B., Dan, A., & Periodik, T. (2011). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF UNTUK SISWA SMA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN TABEL PERIODIK UNSUR Devi Anriani Siregar 1) , Iis Siti Jahro 2) , Ramlan Silaban 2) 1).
  8. Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2019). Guru Menginovasi Bahan Ajar sebagai Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 1, 65–72.
  9. Taneo, A. G., Amsikan, S., & Klau, K. Y. (2021). … Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Himpunan Di Kelas Vii Smp Ilmu Pendidikan Matematika, VI, 26–30. http://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/view/855
  10. Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
  11. Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 554–557. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2258