Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar booklet materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Research and Development. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D dengan tahapan; 1) Define (pendefinisian), 2) Design (desain), dan 3) Development (pengembangan). Berdasarkan hasil validasi menujukkan bahwa media ajar ini dikategorikan sangat layak digunakan setelah revisi skala kecil dengan persentase 0,88. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek penilaian materi 0,86, aspek media 0,90 dan aspek penilaian praktisi 0,88.


 


Kata kunci: booklet; interaksi; makhluk; hidup.


 


ABSTRACT


 


This study aims to develop a booklet the interaction of living things with the environment for seventh grade students of junior high school. The type of research carried out is Research and Development research,this research method uses a 3D development model with stages; 1) Define, 2) Design, and 3) Development. Based on the validation results, it shows that this teaching media is categorized as very suitable for use after a small-scale revision with a percentage of 0.88. The percentage is the average of the material assessment aspect 0.86, the media aspect 0.90 and the practitioner assessment aspect 0.88. 


 


Keywords: booklet; interaction; living; things.

Keywords

Kata kunci Booklet Interaksi Makhluk Hidup

Article Details

Author Biography

Mepta Ekro Maliana, Universitas Bengkulu

UNIVERSITY OF BENGKULU

How to Cite
Maliana, M. E., Yani, A. P., Johan, H., Wardana, R. W., & Sakti, I. (2024). PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.33369/diksains.4.2.147-154

References

  1. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Intika, Tiurida. 2018. “Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
  3. Pralisaputri., K., R, Soegiyanto &. Chatarin. 2016. “Pengembangan Media Boolet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas x Sma.” Jurnal GeoEco.
  4. Retnawati. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir: Panduan Untuk Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing.
  5. Slameto. 2010. “Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta.” Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran 20(5):40–43.
  6. Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  7. Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  8. Suryani., N, Achmad., S & Aditin., P. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
  9. Sutikno, Sobri. 2004. Menggagas Pembelajaran Efektif Dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
  10. Syafriana, Dona. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar.