Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar booklet materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Research and Development. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D dengan tahapan; 1) Define (pendefinisian), 2) Design (desain), dan 3) Development (pengembangan). Berdasarkan hasil validasi menujukkan bahwa media ajar ini dikategorikan sangat layak digunakan setelah revisi skala kecil dengan persentase 0,88. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek penilaian materi 0,86, aspek media 0,90 dan aspek penilaian praktisi 0,88.
Kata kunci: booklet; interaksi; makhluk; hidup.
ABSTRACT
This study aims to develop a booklet the interaction of living things with the environment for seventh grade students of junior high school. The type of research carried out is Research and Development research,this research method uses a 3D development model with stages; 1) Define, 2) Design, and 3) Development. Based on the validation results, it shows that this teaching media is categorized as very suitable for use after a small-scale revision with a percentage of 0.88. The percentage is the average of the material assessment aspect 0.86, the media aspect 0.90 and the practitioner assessment aspect 0.88.
Keywords: booklet; interaction; living; things.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Mepta Ekro Maliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Intika, Tiurida. 2018. “Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
- Pralisaputri., K., R, Soegiyanto &. Chatarin. 2016. “Pengembangan Media Boolet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas x Sma.” Jurnal GeoEco.
- Retnawati. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir: Panduan Untuk Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing.
- Slameto. 2010. “Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta.” Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran 20(5):40–43.
- Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Suryani., N, Achmad., S & Aditin., P. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
- Sutikno, Sobri. 2004. Menggagas Pembelajaran Efektif Dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
- Syafriana, Dona. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
References
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Intika, Tiurida. 2018. “Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
Pralisaputri., K., R, Soegiyanto &. Chatarin. 2016. “Pengembangan Media Boolet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas x Sma.” Jurnal GeoEco.
Retnawati. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir: Panduan Untuk Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Slameto. 2010. “Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta.” Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran 20(5):40–43.
Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryani., N, Achmad., S & Aditin., P. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sutikno, Sobri. 2004. Menggagas Pembelajaran Efektif Dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
Syafriana, Dona. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar.