Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-book bagi siswa SMP berdasarkan keragaman capung di Kawasan Persawahan Pagar Gading Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Devolopment yang mengacu  pada langkah penelitian dan pengembangan Sugiyono (2017) yang telah dimodifikasi. Langkah penelitian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data keragaman jenis capung dianalisis secara deskriptif. Uji validasi E-book meliputi aspek isi materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak 15 spesies capung dengan 5 famili dan 2 subordo, yaitu 9 spesies dari famili Libellulidae (Crocothemis erythraea, Crocothemis servilia, Diplacodes trivialis, Neurothemis ramburii, Neurothemis terminata, Orthetrum sabina, Pantala plavescens, Potamarcha congener, Trithemis aurora), 3 spesies dari famili Coenagrionidae (Agriocnemis femina, Ischnura senegalensis, Pseudagrion rubriceps), 1 spesies dari famili Platycnemididae (Copera marginipes), 1 spesies dari famili Chlorocyphidae (Libellago sumatrana)  dan 1 spesies dari famili Protoneuridae (Prodasineura verticalis). Hasil uji validasi E-book oleh ahli media 97,6%, ahli materi 96,4%, dan ahli praktisi (guru IPA SMP) 85,7%. Dapat disimpulkan bahwa desain E-book yang dikembangkan berdasarkan keragaman capung di kawasan persawahan Pagar Gading Kabupaten Bengkulu Selatan ini sangat layak untuk diuji cobakan sebagai media belajar keanekaragaman hayati SMP kelas VII.


 


Kata kunci: Capung, Persawahan, Pagar Gading, E-book


 


ABSTRACT


 


 


This study aims to produce E-book for SMP students based on the diversity of dragonflies in the rice fields of Pagar Gading, South Bengkulu Regency. This type of research is Research and Development which refers to the Research and Development steps of Sugiyono (2017) which has been modified. The research steps are adjusted to the needs of researchers, potential problems, data collection, product design, design validation, and design revision. Data collection techniques in this study are observation, questionnaires, and documentation. The data analysis technique for the diversity of dragonflies was analyzed descriptively. The E-book validation test covers aspects of material content, presentation, language, and graphics. Based on the results of the study found as many as 15 species of dragonflies with 5 families and 2 suborders, namely 9 species from the family Libellulidae (Crocothemis erythraea, Crocothemis servilia, Diplacodes trivialis, Neurothemis ramburii, Neurothemis terminata, Orthetrum sabina, Pantala plavescens, Potamarcha congener, Trithemis aurora), 3 species from family Coenagrionidae  (Agriocnemis femina, Ischnura senegalensis, Pseudagrion rubriceps), 1 species from family Platycnemididae (Copera marginipes), 1 species from family Chlorocyphidae (Libellago sumatrana) and 1 species from family Protoneuridae (Prodasineura verticalis). The results of the E-book validation test by media experts were 97,6%, material experts 96,4%, and expert practitioners (Science teachers of SMP) 85,7%. It can be concluded that the design of the E-book which was developed based on the diversity of dragonflies in the Pagar Gading rice fields, South Bengkulu Regency, is very feasible to be tested as a medium for learning biodiversity in SMP class VII.


 


Keywords: Dragonfly, Rice Fields, Pagar Gading, E-book

Article Details

How to Cite
Elza Heryensi, E. H., Yani, A. P., Nirwana, N., Karyadi, B., & Parlindungan, D. (2023). PENGEMBANGAN E-BOOK KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI KAWASAN PERSAWAHAN PAGAR GADING KABUPATEN BENGKULU SELATAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diksains.4.1.17-25

References

  1. Afriliani, Y., Manaf, S., & Helmiyetti. (2017). Jenis-Jenis Capung (Odonata) di Kawasan Air Terjun Tabalagan Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Universitas Bengkulu.
  2. Ansori, I. (2008). Keanekaragaman Nimfa Odonata (Dragonflies) Di Beberapa Persawahan Sekitar Bandung Jawa Barat. Jurnal Exacta, 6(2).
  3. Budianta, E. (2011). Capung Teman Kita Pelestarian Pustaka Alam Indonesia.
  4. Cendrawati, M. A., Rahmadhani, T. P., Meilita, N., & Pujiastuti, Y. (2018). Identifikasi Capung Odonata pada Vegetasi Perairan , Rerumputan dan Tanaman Perdu di Kampus Indralaya Universitas Sriwijaya. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal, 402–409.
  5. Depi, A, S., Irwandi, A., & Yenita. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berdasarkan Inventarisasi Capung (Odonata) di Kawasan Persawahan Pekik Nyaring Bengkulu Tengah.
  6. Dewi, R, P. (2016). Pengembangan Buku Ajar Pemula Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Berbasis Cefr Rishe. Jurnal Tarbawy, 3(2).
  7. Dwita, U. R., Ansori, I., Rahman, A., Jumiarni, D., & Ruyani, A. (2022). Pengembangan LKPD Berdasarkan Keragaman Capung Di Kawasan Danau Dendam Tak Sudah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.1-6
  8. Ekaputri, R, Z., K, B., S, A., & R, A. (2018). Respon Siswa Menengah Pertama dan Siswa Menengah Atas Terhadap Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkugan Alam Sekitar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1(1), 186–190.
  9. Herlambang, A. E. N., Hadi, M., & Tarwotjo, U. (2016). Struktur Komunitas Capung di Kawasan Wisata Curug Lawe Benowo Ungaran Barat. Bioma : Berkala Ilmiah Biologi, 18(2), 70. https://doi.org/10.14710/bioma.18.2.70-78
  10. Kustiati, A. S. N. W. T. R. S. (2019). Komposisi Spesies Capung (Odonata) di Kawasan Cagar Alam Mandor Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Jurnal Protobiont, 8(1), 20–26. https://doi.org/10.26418/protobiont.v8i1.30847
  11. Liwa Ilhamdi, M. (2018). Pola Penyebaran Capung (Odonata) di Kawasan Taman Wisata Alam Suranadi Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Biologi Tropis, 18(1), 27. https://doi.org/10.29303/jbt.v18i1.563
  12. Lubis, R., Fitriani, A., & Safitri, D. (2021). Keanekaragaman capung di Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Bionature, 22(2), 40–50.
  13. Meidyna Putri, T. A., Wimbaningrum, R., & Setiawan, R. (2019). Keanekaragaman Jenis Capung Anggota Ordo Odonata Di Area Persawahan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jembe. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 324–336. https://doi.org/10.26877/bioma.v8i1.4697
  14. Nana, M, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar.
  15. Novianti, H., Irwandi, H., & Irdus, I. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Lingkungan Untuk Kelas X SMA 3 Rejang Lebong Berdasarkan Identifikasi Jenis Capung di Kawasan Persawahan Desa Lubuk Kembang Kabupaten Rejang Lebong. Universitas Bengkulu.
  16. Pamungkas, D. W. (2015). Keragaman jenis capung dan capung jarum (Odonata) di beberapa sumber air di Magetan, Jawa Timur. 1(September), 1295–1301. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010606
  17. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alffabeta.
  18. Syarifah, E, B., Narti, F., & Fahma, W. (2018). Keanekaragaman Capung (Odonata) di Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Margasatwa Ragunan, DKI Jakarta, Indonesia. Jurnal Bioprospek, 13(1).
  19. Wahyuni, R., & Irawan, Y. (2020). Aplikasi E-Book Untuk Aturan Kerja Berbasis Web di Pengadilan Negeri Muara Bulian Kelas II Jambi. Jurnal Ilmu Komputer, 9(1).
  20. Wardani, N. (2014). Perubahan Iklim dan Pengaruh Terhadap Serangga Hama. Prosiding Seminar Nasional Agroinovasi Spesifik Lokasi Untuk Ketahanan Pangan Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1015–1026.
  21. Yani, R. F., Karyadi, B., & Ansori, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tentang Keanekaragaman Hayati Jenis Capung Untuk Mengembangkan Pemahaman Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.31-39
  22. Yunasiska, E. A., Ansori, I., & Rahman, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Identifikasi Keanekaragaman Capung Di Persawahan Desa Tabeak Kauk Kabupaten Lebong. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.24-30