Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa terphadap materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam mengisi soal pada saat ujian akhir semester terutama pada materi pembelajara IPA. Beberapa siswa terlihat kebingungan ketika menjawab soal yang diberikan oleh guru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 105 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes pemahaman konsep dan lembar wawancara kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan persentase tingkat pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Kota Bengkulu berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 82%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 berada pada kategori tinggi dengan indikator pemahaman konsep tertinggi terdapat pada indikator translasi sebesar 84% dengan kriteria tinggi.


 


Kata kunci: Pemahaman konsep, Pencemaran Lingkungan, SMP Negeri 9 Kota Bengkulu.


 


ABSTRACT


 


This study aims to analyze the ability of students to understand the concept of environmental pollution in SMP Negeri 9 Bengkulu City. The background of this research is that there are still some students who have difficulty understanding and filling out questions at the end of the semester exams, especially on science learning material and the level of understanding of students' concepts at SMP Negeri 9 Bengkulu City is unknown. Some students looked confused when answering the questions given by the teacher. The samples in this study were all class 7th students with a total of 105 students. Sampling used total sampling technique. Data collection techniques used concept understanding test question sheets and interview sheets, then the data were analyzed using quantitative data analysis techniques. The results of the study based on the analysis conducted using the percentage level of students' conceptual understanding showed that students' conceptual understanding of environmental pollution material at SMP Negeri 9 Bengkulu City was in high criteria with an average value of 82%. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the level of students' conceptual understanding ability on environmental pollution material at SMP Negeri 9 is in the high category with the highest concept understanding indicator found in the translation indicator of 84% with high criteria.


 


Keywords: Understanding The Concept, Environmental Pollution, SMP Negeri 9 Bengkulu City.

Article Details

How to Cite
Purba, M. J., Wardana, R. W., Uliyandari, M., Yani, A. P., & Parlindungan, D. (2024). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.33369/diksains.4.2.119-128

References

  1. Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2200.
  2. Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101.
  3. Aseptianova, A., Nawawi, S., & Pesisa, L. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 4 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 59–65. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3540
  4. Kameliyah, K., Qomaria, N., Muharrami, L. K., Hidayati, Y., & Fikriyah, A. (2022). Uji kelayakan e-cerpen materi pencemaran lingkungan berbantuan flip pdf professional terhadap pemahaman konsep siswa. Natural Science Education Research (NSER), 5(1), 111–118.
  5. Kurniawan, R., & Febbia, H. (2021). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Pentingnya Kualitas Pendidikan Sebagai Pembentukan Karakteristik Seorang Pemimpin Di Indonesia. Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 411.
  6. Novianti, N., & Pratama, F. W. (2022). Tingkat Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 237–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1113
  7. Oktaviani, F. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Dalam Pembelajaran Online. Universitas Kristen Indonesia Jakarta.
  8. Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10269
  9. Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 39–52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775
  10. Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 203. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827
  11. Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194–201. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2530
  12. Widiadnyana, I. W., Sadia, I. ., & Suastra, I. . (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344