Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII  SMPN 11 Kota Bengkulu dalam materi pemanasan global. Penelitian yang diterapakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampel random sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh siswa kelas VII E. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design tipe One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar IPA. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan memberikan lembar soal berupa pretest (tes awal) dan postest (tes akhir) di setiap pertemuan. Hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa model problem based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar, yaitu hasil uji-t pada thitung sebesar 1.756 lebih besar dari ttabel sebesar 1.703. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini juga memperkuat bahwa homogen, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh nyata (signifikan) variabel x (Pembeljaran IPA model Problem Based Learning) terhadap variabel Y (hasil belajar) dengan taraf signifikan 5%.


 Kata  kunci : Problem Based Learning, Pemanasan Global, Hasil Belajar.


 


ABSTRACT


 


The purpose of the study was to determine the effect of the problem based learning (PBL) model on the science learning outcomes of seventh grade students of SMPN 11 Bengkulu City in the matter of global warming. The research applied is quantitative research. The research sample was taken using a random sampling technique that had previously been tested for normality and homogeneity, obtained by class VII E students. The number of students involved were 29 students consisting of 16 male students and 13 female students. The type of this research is Pre-Experimental Design type One-Group Pretest-Postest Design. Data collection techniques using tests for science learning outcomes. Data collection on student learning outcomes is done by giving question sheets in the form of pretest (initial test) and posttest (final test) in each meeting. The results of data analysis, it can be concluded that the problem based learning model has a positive effect on learning outcomes, namely the t-test results at tcount of 1,756 are greater than ttable of 1,703. So Ho is rejected and Ha is accepted. This result also strengthens that it is homogeneous, so it can be concluded that there is a significant (significant) effect of variable x (Problem Based Learning model of Science) on variable Y (learning outcomes) with a significant level of 5%.


 


Keywords: Problem Based Learning, Global Warming, Learning Outcomes

Article Details

How to Cite
Setianingsih, R., Sakti, I., Nirwana, N., Uliyandari, M., & Sutarno, S. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(1), 26–36. https://doi.org/10.33369/diksains.4.1.26-36

References

  1. Arifin, A. H. Al. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785
  2. Arizen, A. (2016). Penerapan Model Problem-Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi Siswa Kelas Viii4 Smp N 3 Kota Bengkulu.
  3. Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404
  4. Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika, 4(02), 31–38. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188
  5. Kemendikbud. (2017). Buku Model-Model Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
  6. Nurhidayat, A. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Konsep Pada Pokok Bahasan Archaebacteria Dan Eubancteria Peserta Didik Kelas X Sman 2 Bantul.
  7. Nurqumariah, Gunawan, & Sutrio. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. I(1), 1–6.
  8. Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
  9. Rohmah, S. Z., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Pembelajaran dengan Model Diskusi Kelas Tipe Beach Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 04(03), 101–106.
  10. Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112
  11. Sornsa-ard, T., Niramitsantiphong, A., & Liawrungrueang, W. (2020). Management of traumatic spinal fracture in the coronavirus disease 2019 situation. Asian Spine Journal, 14(3), 385–387. https://doi.org/10.31616/asj.2019.0183
  12. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/8183
  14. Uliyandari, M., Emilia Candrawati, Anna Ayu Herawati, & Nurlia Latipah. (2021). Problem-Based Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.56