Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif ,karena penelitian ini bersifat mengkaji atau menggambarkan keadaan atau kondisi yang ada dilapangan. Penelitian deskriptif kuantitatif tidak perlu mencari atau menerangkan hubungan antara variabel, menguji hipotesis dan lain sebagianya. Penelitian deskriptif kuantitatif hanya mencoba menggambarkan apa adanya. Jenis penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dengan melihat pada 4 aspek utama yakni memahami masalah, memberikan argumen, melakukan induksi, dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan soal uraian seputar materi pencemaran lingkungan tujuan penelitian ini untuk Mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa ke VII di SMPN 9 Kota Bengkulu dalam pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan. Berdasarkan hasil data siswa bahwa secara umum keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 9 Kota Bengkulu berada pada kategori rendah yakni sebesar 0,42% dimana hampir dari setengah partisipan berada pada kategori ini. Peringkat kedua ada pada kategori sedang sebesar 0,30%, disusul oleh kategori tinggi sebesar 0,25%, dan persentase paling rendah adalah kategori sangat tinggi 0,03%. Dari hasil analisis data yang telah diteliti, dapat ditarik kesimpulan dari keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan, yaitu nilai rata-rata indikator dengan rata-rata 60,63% dan dengan kategori rendah.
Kata kunci : Analisis, Berpikir Siswa, Pencemaran Lingkungan,SMPN 9 Kota Bengkulu.
ABSTRACT
This research is a type of quantitative descriptive research, because this research is to examine or describe the conditions or conditions that exist in the field. Quantitative descriptive research does not need to find or explain the relationship between variables, test hypotheses and others in part. Quantitative descriptive research only tries to describe what is. This type of research was conducted to determine students' critical thinking skills by looking at 4 main aspects, namely understanding the problem, giving arguments, conducting inductions, and making decisions in solving descriptions about environmental pollution material. at SMPN 9 Bengkulu City in learning science on Environmental Pollution Materials. Based on the results of student data that in general the critical thinking skills of SMP Negeri 9 Bengkulu City students are in the low category, namely 0.42% where almost half of the participants are in this category. The second rank is in the medium category of 0.30%, followed by the high category of 0.25%, and the lowest percentage is the very high category of 0.03%. From the results of data analysis that has been researched, conclusions can be drawn from critical thinking skills on environmental pollution material, namely the average value of indicators with an average of 60.63% and in the low category.
Keywords: Analysis, Student Thinking, Environmental Pollution, SMPN 9 Bengkulu City.
Article Details
Copyright (c) 2023 Dhyna Sefia Mauren, Ariefa Primair Yani, Mellyta Uliyandari, Deni Parlindungan, Henny Johan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Sma Negeri 6. 3(2), 12–22.
- Juanda, B., & Junaidi. (2012). Ekonometrika Deret Waktu. Teori Dan Aplikasi, 3.
- Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
- Masitah, T., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., & Qomaria, N. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 4(3), 209–213. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8392
- Mukminah, N., & Purwasih, R. (2020). Profitabilitas Usaha Peternakan Ayam Broiler Dengan Tipe Kandang Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31962/jiitr.v2i1.54
- Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi. 11(2).
- Pramusinta, W. A., Suryadarma, I. G. P., Khoiriza, I. N., & Puspitasari, D. (2021). Need Analysis of Science E-book Based on Tri Pusat Pendidikan ( Three Center of Education ) Approach for Junior High School Students. 541(Isse 2020), 762–767.
- Sri Widodo. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-Isu Utama Dan Globalisasi.
- Sudarmo, S., Arifin, A., Jacob Pattiasina, P., Wirawan, V., & Aslan, A. (2021). The Future of Instruction Media in Indonesian Education: Systematic Review. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1302–1311. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.542
- Tamami, F., Rokhmat, J., Gunada, I. W., Studi, P., & Fisika, P. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Scaffolding Tipe 2a Modifikasi Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Optik Geometri Dan Kreativitas Siswa Kelas XI SMAN 1 Mataram. III(1).
- Uliyandari. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (descriptive research). Skripsi, Hlm 6-9.
- Yulia, I., Connie, C., & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64–70. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.64-70
- Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Presepsi Mahasiswa.
- Zainal, R. (2013). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern, asimetri informasi dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (Fraud). Universitas Negeri Padang, 1–25. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/668/425
References
Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Sma Negeri 6. 3(2), 12–22.
Juanda, B., & Junaidi. (2012). Ekonometrika Deret Waktu. Teori Dan Aplikasi, 3.
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Masitah, T., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., & Qomaria, N. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 4(3), 209–213. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8392
Mukminah, N., & Purwasih, R. (2020). Profitabilitas Usaha Peternakan Ayam Broiler Dengan Tipe Kandang Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31962/jiitr.v2i1.54
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi. 11(2).
Pramusinta, W. A., Suryadarma, I. G. P., Khoiriza, I. N., & Puspitasari, D. (2021). Need Analysis of Science E-book Based on Tri Pusat Pendidikan ( Three Center of Education ) Approach for Junior High School Students. 541(Isse 2020), 762–767.
Sri Widodo. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-Isu Utama Dan Globalisasi.
Sudarmo, S., Arifin, A., Jacob Pattiasina, P., Wirawan, V., & Aslan, A. (2021). The Future of Instruction Media in Indonesian Education: Systematic Review. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1302–1311. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.542
Tamami, F., Rokhmat, J., Gunada, I. W., Studi, P., & Fisika, P. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Scaffolding Tipe 2a Modifikasi Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Optik Geometri Dan Kreativitas Siswa Kelas XI SMAN 1 Mataram. III(1).
Uliyandari. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (descriptive research). Skripsi, Hlm 6-9.
Yulia, I., Connie, C., & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64–70. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.64-70
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Presepsi Mahasiswa.
Zainal, R. (2013). Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern, asimetri informasi dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (Fraud). Universitas Negeri Padang, 1–25. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/668/425