Main Article Content

Abstract


ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan SAC (Smart Apps Creator) pada materi pemanasan global di kelas VII. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik analisis validasi yang digunakan adalah formula Aiken V. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android berdasarkan skor raat-rata dari validasi media sebesar 0,88 dan validasu materi sebesar 1,00 memenuhi kategori sangat valid dan reliabel dengan V > 0,8. Artinya, media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sudah sangat layak untuk diuji cobakan. Kemudian respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android diperoleh persentase 89,83% dengan kategori sangat baik yang artinya sebagian besar siswa menyukai jika pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android yang didalamnya terdapat video, gambar serta audio, media pembelajaran berbasis android juga dianggap media pembelajaran yang mudah diakses sehingga siswa mudah dalam menggunakannya. Selain itu, siswa lebih memahami isi materi pada materi pemanasan global. Sedangkan respoon guru terhadap media pembelajaran berbasis android diperoleh persentase 92,18% dengan kategori sangat baik yang artinya guru membutuhkan media pembelajaran berbasis android yang tidak hanya berupa teks tetapi memuat video, gambar, audio dan evaluasi, guru menyukai media pembelajaran berbasis android karena membantu guru menarik perhatian siswa. Selain itu, media pembelajaran berbasis android juga dianggap media pembelajaran yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun.


 


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, SAC (Smart Apps Creator), Pemanasan Global.


 

ABSTRACT


 


This study aims to develop an android-based learning media with SAC (Smart Apps Creator) on global warming material in class VII. The research was conducted at SMP Negeri 4 Bengkulu City. The validation analysis technique used is the Aiken V formula. The results of the study conclude that the android-based learning media based on the average score of media validation is 0.88 and the material validity is 1.00. It meets the very valid and reliable category with V > 0.8. This means that the Android-based learning media that has been developed is very feasible to be tested. Then the student response to android-based learning media obtained a percentage of 89.83% with a very good category which means that most students like learning using android-based learning media which includes video, images and audio, android-based learning media is also considered an easy learning media accessible so that students can easily use it. In addition, students better understand the content of the material on global warming material. While the teacher's response to android-based learning media obtained a percentage of 92.18% with a very good category which means that teachers need android-based learning media that are not only in the form of text but contain videos, images, audio and evaluation, teachers like android-based learning media because it helps teachers attract students' attention. In addition, android-based learning media are also considered learning media that are easily accessible anywhere and anytime.


                                                                                                                      


Keywords: Learning Media, Android, SAC (Smart Apps Creator), Global Warming.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, B. M., Wardana, R. W., Uliyandari, M., Yani, A. P., & Parlindungan, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SAC (SMART APPS CREATOR) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS VII. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.33369/diksains.5.1.32-41

References

  1. Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Azizah. A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) Untuk Mengajarkan Global Warming. Jurnal Fisika. Universitas Negeri Surabaya
  3. Effendi D, Wahidy A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran
  4. Menuju Pembelajaran Abad 21. pros. Semnas. Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
  5. Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo
  6. Fajriani, D., Hidayat, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Berbasisandroid Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Bisnis Daring Dan Pemasaran. Jurnal Ekonomi. Universitas Negeri Malang.
  7. Jalinus, dan Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  8. Rahmat, S.T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 7, Nomor.2, hlm. 196-208.
  9. Thiagarajan, S. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional. Children: A sourcebook.
  10. Zakaria, L.A.M., Purwoko, A.A., Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas Dan Reliabilitas. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 15 No.5, DOI: 10.29303/jpm.v15i5.
  11. Zuhriyah, R. (2019). Pengembangan Game Jumanji Tiruan Sebagai Media Pembelajaran PPKn Pada Materi Kewengangan Lembaga-lembaga Negara menurut UUD NRI 1945 Bagi Peserta didik Kelas X di MA Al Falah Bangilan Tuban. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan.