Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam mata pelajaran IPA. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pre expereimental dengan desain penelitian one group pretest and posttest design yaitu menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol di SMP Negeri 2 Bangil Pasuruan. Populasi penelitian siswa kelas VIII sejumlah 281 siswa, dengan Teknik sampling secara convenience sampling dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian dengan soal uraian keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji-t paired sample t-test. Hasil rata-rata skor N-Gain kedua kelas mengalami peningkatan dengan kategori sedang dan hasil uji-t menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkap fakta alas an tidak terjadi peningkatan dengan kategori tinggi atau penelitian dengan menambah jumlah sampel replikasi sehingga analisis yang dilakukan akan lebih mendalam.


 


Kata  kunci—Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, IPA, SMP


 


ABSTRACT


 


The research aims to describe the increase in students' critical thinking skills and describe the effect of problem-based learning models on secondary school students' critical thinking skills in natural science subjects. The research used was a quantitative study with a weak-experimental research design with a one group pretest and posttest design, namely using one experimental class and one control class at SMP Negeri 2 Bangil Pasuruan. The research population for 8th grade at students was 281 students, using a convenience sampling technique with 8th-A grade as the experimental class. Data collection techniques using tests. Research instrument with a description of critical thinking skills. Data analysis techniques used the N-Gain test and paired sample t-test. The results of the average N-Gain score for both classes increased to the moderate category and the results of the t-test showed that there was an effect of the problem-based learning model on students' critical thinking skills in natural science subjects in 8th grade secondary school. Future research is expected to reveal the fact that unfortunately there was no increase in the high category or research by increasing the number of reflection samples so that the analysis carried out would be more in-depth.


 


KeywordsProblem-based Learning Models, Critical Thinking Skills, Natural Science, Secondary School

Article Details

How to Cite
Ningsih, E. M., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.1-6

References

  1. Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
  2. Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berbasis SETS. Natural Science Education Research, 1(1), 57-64.
  3. Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 147-155.
  4. Frasandy, R. N., & Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C Abad-21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
  5. Hartati, R., & Sholihin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 1-5.
  6. Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
  7. Indah, D. R. (2019). Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IVA Pada Mata Pelajaran Matematika SDN 77 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).
  8. Irawati, P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Model Pembelajaran Guided Inquiry Materi Sistem Transportasi di Kelas VIII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5(03).
  9. Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).125-143.
  10. Najah, F. (2022). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMPN 2 Bungatan Kelas VII (Doctoral dissertation, UIN KH Ahmad Shiddiq Jember).
  11. Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Implementasi model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 80-88.
  12. Sastroasmoro & Ismael (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.
  13. Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).52-56.
  14. Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Multimedia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64-70.
  15. Tenggarudin, T. (2016) Strategi Pelatihan Guru dan Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Lesson Study untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis padaPembelajaran Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 381-387).
  16. Yustiqvar, M., Ramdani, A., &Gunawan, G., Purwoko, A. (2019). Pembelajaran Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.